Bupati HST, H A Chairansyah secara resmi mencanangkan Desa Cukan Lipai Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) menjadi Desa Kedua setelah Desa Hawang, Kecamatan Limpasu yang bebas dari Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (17/9).

Bupati Chairansyah menyampaikan, ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Polres HST serta semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya pencanangan desa bebas karhutla ini.

Baca juga: Masyarakat HST berdo'a memohon hujan

"Dengan adanya kegiatan pencanangan kampung bebas karhutla ini merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan melalui koordinasi integritas, komitmen, dan kepedulian yang kuat dari semua pihak khususnya di Bumi Murakata," katanya

Ditambahkannya, permasalahan Karhutla merupakan permasalahan yang sudah pasti akan medatangkan kerugian yang signifikan, oleh karena itu dicanangkannya kampung bebas Karhutla sangat baik ditumbuh kembangkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat terkait pecegahan Karhutla.

Baca juga: Desa di HST ini dicanangkan menjadi kampung bebas karhutla

Pada kesempatan tersebut Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim 1002 Barabai Mayor Inf H Pahrijani juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolres HST atas kegiatan pencanangan Kampung bebas Karhutla.

"Kepada warga agar tidak lagi membakar hutan dan lahan, semoga Pencanangan ini diharapkan nantinya akan diikuti oleh desa lain yang ada di Kabupaten HST," katanya.

Baca juga: Lahan belukar di HST kembali terbakar, Satgas Karhutla harus kerja ekstra

Sementara itu, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, mengatakan agar memanfaatkan media sosial untuk mensosialisasikan karhutla kepada rekan, kawan, saudara-saudara secara bersama-sama guna mencegah karhutla untuk menumbuhkan rasa memiliki hutan, lahan demi anak cucu kita.

"Mari kita jaga terus alam kita agar tidak ada karhutla di wilayah HST dan Polri akan mendukung kebijakan baik dari pusat maupun dari daerah terkait penanganan Karhutla," ungkapnya.

Baca juga: Sekda HST buka resmi Bimtek pelayanan perizinan
Baca juga: Kriminal di HST, ayah tiri cabuli anaknya hingga hamil
Baca juga: Empat kandidat nyatakan maju di Pilkada HST, ada yang masih malu-malu

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019