Ratusan jamaah memadati halaman kantor Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berdo'a memohon hujan dan melakukan shalat istisqa, Selasa (17/9).

Sholat Istisqa sendiri dipimpin oleh Ketua NU HST, KH Nawawi Hasan dan Khotib yaitu Ketua MUI HST, KH Wajihuddin Saleh. Selain memohon hujan, masyarakat juga berharap agar bencana kabut asap segera berakhir.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati HST, H A Cairansyah  berharap atas munajat yang dilakukan oleh masyarakat HST, semoga diijabah oleh Allah dan segera menurunkan hujan.

Cairansyah juga mengimbau kepada masyarakat Bumi Murakata, agar dapat bersinergi dalam menjaga dan menciptakan wilayah HST agar bebas dari asap dengan tidak lagi membakar hutan dan lahan.

Baca juga: H Zanie serahkan berkas kelengkapan pendaftaran bacabup ke PDIP HST
"Jangan ada lagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar, karena asap yang ditimbulkan dampaknya sangatlah merugikan kita semua," kata Bupati.

Sementara itu, Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein usai pelaksanaan sholat mengatakan, sholat Istisqa dilaksanakan sebagai upaya dalam rangka untuk memohon dan meminta kepada Allah supaya diturunkan hujan.

Baca juga: MTQ 42 Tingkat Kabupaten akan segera digelar

"Sebagai hamba Tuhan, kita harus memanjatkan do'a kehadiratNya agar Negara Kesatuan RI yang kita cintai ini selalu dalam lindungan-Nya, dalam keadaan aman, damai, sejuk, dan makmur. Serta terbebas dari bencana kabut asap," pungkasnya.

Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo, mengungkapkan pihaknya bersama tim gabungan baik TNI Polri dan masyarakat terus berupaya siang malam menjaga titik api dan memadamkannya.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar samasama-sama tidak membakar hutan dan lahan. kita harus menjaga alam maka alam akan menjaga kita," kata Kapolres.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019