Haji Gusti Iskandar (HGI) Sukma Alamsyah pengambil formulir pertama sebagai bakal calon atau balon Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Partai Golkar provinsi setempat, Rabu.

HGI sendiri Koordinator Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wilayah Kalimantan pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik (parpol) berlambang gambar pohon beringin tersebut.

Alasan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel tersebut mendaftar sebagai balon wakil gubernur (wagub) setempat, antara lain untuk menjaga kesinambungan visi misi Partai Golkar dalam pemerintahan dan pembangunan di provinsi itu.

Oleh sebab itu, dia berharap bisa menjadi orang nomor dua di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel dengan mendampingi petahana (H Sahbirin Noor atau Paman Birin). yang sama-sama dari Partai Golkar.

"Karena itu pula guna lebih memantapkan pendaftaran sebagai balon Wagub Kalsel pada Pilkada 2020, saya juga akan mendaftar pada partai politik (parpol) lain yang membuka pendaftaran balon Wagub tersebut," demikian Gt Iskandar Sukma Alamsyah.

HGI yang juga zuriat raja-raja Banjar Kalsel tersebut mau pula mendaftar sebagai balon Bupati Banjar pada Pilkada 2020 bersamaan dengan enam dari 13 kabupaten/kota lain di provinsi itu.

Sementara Koordinator Pemenangan Pilkada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel H Supian HK SH MH menerangkan, partainya cuma membuka pendaftaran balon Wagub, dan terbuka untuk umum.

Sedangkan untuk balon Gubernur Kalsel pada Pilkada 2020 sudah ada kesepakatan kembali petahana, H Sahbirin Noor yang sekarang menjadi Ketua DPD Partai Golkar tingkat provinsi setempat.

"Sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) organisasi Nomor 6 Tahun 2016, bila Ketua DPD Partai Golkar setempat mencalon gubernur, maka tertutup bagi yang lain ikut mencalon pada kedudukan yang sama," demikian Supian HK.

DPD Partai Golkar Kalsel membuka pendaftaran balon Wagub provinsinya untuk ikut Pilkada 2020, mulai 25 September sampai 23 Oktober 2019 di Sekretariat parpol tersebut - Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.
 

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019