Kabupaten Tapin memiliki dua lokasi yang sangat potensial mampu mendatangkan wisatawan asing untuk menggali ilmu saat berkunjung di Bumi Ruhuy Rahayu.

Kedua lokasi potensial tersebut yakni wisata pegunungan Meratus di Kecamatan Piani dan wisata susur sungai di Desa Sungai Rutas, Kecamatan Tapin Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Agus Hartono dari tim percepatan wisata sejarah, religi, tradisi, seni dan budaya Kementerian Pariwisata RI saat memberikan materi pada Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata untuk Pasar Asia Pasifik dan Amerika.

"Tapin memiliki dua lokasi yang sangat potensial untuk mendatangkan wisatawan berpendidikan yakni wisata geopark pegunungan Meratus dan wisata susur sungai di Sei Rutas," ujarnya di Pendopo Balahendang, Rantau, Selasa (17/9).

Dijelaskan Agus, kenapa dua lokasi tersebut potensial, karena dua lokasi tersebut sangat cocok untuk selain wisata, juga sebagai pembelajaran.

"Misal di geopark Meratus wisatawan misa belajar kehidupan masyarakat Dayak disana, dan untuk di Sei Rutas selain susur sungai bisa melihat langsung kehidupan Bekantan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Parisiwata Tapin, Hamdan Rosyadi mengatakan bahwa banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Tapin.

Selain wisata religi seperti baayun maulid, Tapin juga memiliki wisata budaya dan alam seperti kebudayaan Suku Dayak Meratus, dan Wisata Alam Meratus.

"Di Sei Rutas kita bisa susur sungai dan melihat langsung kehidupan hewan Bekantan, terus kerajinan anyam-anyaman, dan juga wisata religi Datu Muning," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019