Bertempat di Desa Hawang, Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) telah dilaksanakan acara pencanangan Kampung bebas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Rabu (28/8).

Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari giat ini adalah dalam rangka kesiapan, menyamakan serta menyatukan tekad untuk saling bahu-membahu membantu dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019.

"Komitmen kita bersama bahwa Desa Hawang ini terpilih sebagai percontohan kampung bebas karhutla, mengingat seluruh warganya sadar akan kerugian yang diakibatkan," katanya.

Menurutnya, Kecamatan limpasu memiliki luas 77,49 km², karakteristik dari wilayah Limpasu terdiri dari perkebunan dan pertanian.

Kata Kapolres, kebakaran hutan dan lahan akan menimbulkan kerugian negara yang sangat besar, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional dan Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia.

"Asap yang ditimbulkan dari karhutla membawa dampak terhadap kesehatan masyarakat, berupa penyakit ispa akibat menghirup udara yang tidak sehat," ujar Sabana.

Baca juga: Diduga akibat puntung rokok, lahan kuburan di HST terbakar

Dandim 1002 Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein menyampaikan, apresiasi kepada Kapolres HST atas kegiatan pencanangan kampung bebas karhutla.

"Kegiatan pencegahan karhutla membutuhkan keterlibatan semua pihak dan seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dalam rangka menekan terjadinya karhutla di HST demi kesuburan dan kemakmuran warga Bumi Murakata," katanya.

Baca juga: Antisipasi Karhutla, Polres HST gelar apel siaga

Bupati HST, H A Chairansyah juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Polres HST serta semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

"Dengan adanya kegiatan pencanangan kampung bebas karhutla di desa Hawang ini merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan karhutla melalui koordinasi integritas, kometmen dan kepedulian yang kuat dari semua pihak khususnya di bumi Murakata," kata Bupati.

Baca juga: Kota Barabai mulai diselimuti kabut asap

Diterangkannya, permasalahan karhutla merupakan permasalahan yang sudah pasti akan mendatangkan kerugian yang sangat signifikan.

Oleh karena itu, dicanangkannya kampung bebas karhutla sangat baik ditumbuh kembangkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat terkait pencegahan karhutla.

 

Peresmian kampung bebas Karhutla di Desa Hawang, HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Kebakaran lahan landa Pegunungan Meratus HST
Baca juga: Mengenal lebih dekat Tamzil serta pengalamannya di pemerintahan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019