Jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru menggelar upacara dalam rangka peringatan HUT ke 74 TNI AL tahun 2019 di Kotabaru, Selasa.

Dipimpin Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, upacara di lapangan Mako Lanal Kotabaru, diikuti segenap personil gabungan TNI-Polri dan jajaran Forkopinda Kotabaru.

Membacakan amanat Kepala staf AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, pada kesempatan itu Danlanal Kotabaru mengatakan, selaras dengan visi pemerintah 5 tahun kedepan area yang menjadi fokus utama TNI Angkatan Laut adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia.

"Karena tingginya tuntutan tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut," katanya.

Guruh menambahkan, ada lima pesan yang disampaikan kepada segenap prajurit TNI khususnya AL, pertama tingkatkan keamanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kedua jawab tantangan bangsa kedepan dengan upaya membangun SDM TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit Sapta Marga 8 Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut

Ketiga kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan Global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif produktif inovatif dan kompetitif.

Keempat jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat sebagai kekuatan dasar sistem pertahanan negara kita dan tingkatkan jiwa kekeluargaan sesama prajurit TNI Angkatan Laut serta jalin soliditas dan sinergitas TNI angkatan laut dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun kalian bertugas.

Dan kelima kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut Guruh menambahkan, untuk situasi perairan, area Kotabaru relatif aman. Untuk pelanggaran atau kegiatan saat ini masih bisa ditertibkan. Sejauh ini Lanal Kotabaru terus optimal melaksanakan patroli bekerja sama dengan KSOP,  KPLP, POlAlR, dan intansi maritim lainnya.

"Kita selalu berkoordinasi dengan mengadakan acara coffe morning bersama, membahas masalah kemaritiman di area Kotabaru, agar tetap menjaga keamanan laut di perairan Kotabaru," tuturnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan  ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kotabaru. Rangkaiankegiatan HUT ke 74 TNI AL tahun 2019 akan digelar Fun Run yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 22 September 2019.

 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019