Ribuan jamaah hadiri tabligh akbar Ustadz KH M Zhofaruddin atau Guru Udin dari Samarinda di masjid Al Munawwar Birayang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (4/9) malam.

Bupati HST, H A Chairansyah yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, H Ainur Rafiq mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Guru Udin yang berkenan hadir di HST dan bertausiyah berkeliling Kalsel.

Baca juga: Ribuan warga Daha hadiri Tabligh Akbar Guru Udin

"Kegiatan Tablig Akbar ini sudah menjadi agenda rutin yang tiap tahun dilaksanakan. Ini adalah langkah-langkah kita dalam upaya menyemarakkan syiar Islam Tahun Baru Islam 1441 H," ungkapnya.

Disebutkan, di Kabupaten HST sangat banyak memiliki ragam budaya Islam yang diadakan oleh masyarakat, saat memperingati hari-hari besar Islam, seperti pada peringatan Maulid dan Isra dan Mi'raj, termasuk peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram.

Baca juga: Ketua DPRD ajak jaga kerukunan dengan perbanyak kegiatan keagamaan

Selanjutnya, dia berharap kegiatan-kegiatan yang bernuansa religi ini berkah Allah diturunkan di daerah HST dan menambah keimanan dan ketaqwaan.

Guru Udin dalam tausiyahnya menyampaikan mengenai makna hijriyah dalam kehidupan seorang muslim untuk menuju kehidupan yang lebih baik, di dunia dan di akhirat.

Baca juga: Banua bersholawat hadirkan Habib Syech dan Guru Udin

"Hijrahnya Rasulullah bersama para sahabat ke Madinah, memiliki dimensi historis dan spiritual yang mendalam. Memilih Madinah sebagai kawasan untuk berhijrah, tentu bukan pilihan yang didasarkan pada pertimbangan ambisi sesaat," katanya.

Dia berharap, para jamaah dapat mengambil hikmah dari hijrahnya Rasulullah dan dapat menambah persaudaraan dan menghadirkan suasana damai di banua.

Baca juga: HST gelar lomba desain motif sasirangan, inilah pemenangnya
Baca juga: HST galakkan pengurangan pemakaian plastik mulai dari sekolah
Baca juga: Desa Bangkal dicanangkan menjadi 'hatinya' PKK HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019