Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bekerja sama dengan Dekranasda menggelar lomba desain sasirangan se-Kabupaten HST di aula Shaza Guest House Barabai Kamis (5/9).

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara pertama diraih oleh Efendi Putra dengan motif Talabang Halus di Batu Nang Ganal motif karya dari, juara dua adalah karya Helda Apindini dengan motif Senja Kuning di Bajandik dan juara tiga adaalh desain milik Erwin Hartanto dengan motif Save Meratus.

Baca juga: Desain warna alami paling diminati pada festival sasirangan

Ketua Dekranasda HST, Hj Ernawati Chairansyah menyampaikan, tujuan diselenggarakan lomba ini selain untuk menghidupkan Industri Kecil Menengah (IKM), juga meningkatkan dan menumbuhkan kreatifitas pengrajin sasirangan.

Menurutnya, zaman sekarang era teknologi, karena itu perlu merespons kemajuan dengan memanfaatkannya untuk memperoleh informasi tentang desain-desain baru dan teknologi pewarnaan yang semakin berkembang.

Baca juga: Berawal dari hobi melukis, warga HST sukses kembangkan usaha sasirangan

Hj Ernawati yakin, bahwa ke depan usaha kain sasirangan akan menjadi sebuah komoditi unggulan yang dapat diandalkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat.

Panitia penyelenggara lomba, Ilaliah Rahmi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan Dekranasda HST dalam rangka mengangkat potensi IKM HST.

Baca juga: Biawak Balabang motif sasirangan Harjad HST

"Lomba membudayakan cinta produk daerah, meningkatkan keterampilan dalam mendesain dan memadankan warna," katanya.

Menurut dia, berdasarkan tampilan seluruh desain sasirangan yang dipajang, sudah menunjukkan adanya kreasi kain Sasirangan yang sangat bagus.

Baca juga: Desa Bangkal dicanangkan menjadi 'hatinya' PKK HST
Baca juga: Begini cara PLN UP3 Barabai peringati Hari Pelanggan Nasional
Baca juga: 10 KK yang rumah terbakar di HST butuh bantuan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019