Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten HSS H Kunur Tajeli mengajak pelajar tingkat SD dan SMP di Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk menyisihkan uang belanjanya untuk infaq.

Hal itu disampaikan Kunur saat bersilaturrahmi dengan Bupati HSS H Achmad Fikri untuk menyampaikan seputar perkembangan dan program yang akan dijalankan Baznas. 

Ia mengatakan, salah satu program yang baru-baru ini dijalankan adalah kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten HSS untuk mengimbau pelajar mulai tingkat SD sampai SMP untuk berinfaq setiap Jumat dengan tidak membatasi jumlah infaqnya.

"Hasil dari terkumpulnya infaq ini nantinya akan digunakan kembali untuk membantu siswa yang kurang mampu untuk keperluan sekolahnya," katanya, Kamis (5/9) didampingi para pengurus Baznas HSS.

Baca juga: Gerakan HSS Berzakat dengan Keteladanan Pemimpin Muslim

Dijelaskan dia, Baznas juga terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya mengeluarkan zakat profesi di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten HSS dan diinstansi lainnya.

Selain itu, juga akan dilakukan kesepakatan antara Baznas HSS dengan RSUD H. Hasan Basry Kandangan untuk memberikan bantuan kepada pasien kurang yang mampu yang sedang dirawat.

Bupati HSS H. Achmad Fikry mengatakan, sangat mendukung dengan program-program yang dijalankan oleh Baznas.

Menurutnya salah satu program yang mengajak anak-anak untuk berinfaq akan memberikan dampak atau kebiasaan bagi anak-anak secara dini, untuk bisa berbagi dengan memberikan infaq atau sedekah.

"Demikian juga dengan zakat profesi bagi ASN karena saat ini sudah diberikan tambahan penghasilan bagi ASN dengan dinaikkannya tunjangan kinerja," katanya.

Baca juga: ASN HSS pelopor bayar zakat melalui Baznas

Menurut dia, seiring dengan adanya tambahan penghasilan yang diterima para ASN di Kabupaten HSS ini, maka diharapakan pembayaran zakat profesi dari ASN bisa melonjak.

Untuk rencana kesepakatan antara Baznas dan rumah sakit, pasien yang berobat di rumah yang termasuk warga HSS telah ditanggung biaya pengobatannya dengan program BPJS Semesta milik Pemerintah Kabupaten HSS. Namun untuk biaya hidup keluarga pasien yang menunggu saat perawatan itu yang perlu dipikirkan bersama.

Dalam silaturrahmi tersebut juga disampaikan penghargaan di tingkat nasional yang diterima oleh Baznas Kabupaten HSS pada Baznas Award 2019, yaitu Tiga Besar Kategori Basnaz dari Kabupaten atau Kota dengan laporan tahunan terbaik dan tiga besar kategori Baznas dengan kelembagaan terbaik

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019