Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Ardiansyah menyerahkan Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) pribadi melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten HSS.

Wakil ketua III Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pelaporan Baznas HSS HM Khairani  di Kandangan, mengatakan penyerahan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Gerakan HSS Berzakat yang diprakarsai oleh BAZNAS HSS, dengan tema “Keteladanan Pemimpin Muslim Dalam Berzakat”.

"Gerakan ini merupakan sebuah layanan pembayaran zakat mulai dari bupati, Anggota DPRD, pimpinan SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN), direksi BUMD ataupun perusahaan swasta, pengusaha dan karyawan melalui BAZNAS,"katanya, disela kegiatan BAZNAS, bertempat di Sekretariat BAZNAS HSS, Kandangan, Kamis (7/6).

Gerakan HSS Berzakat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS Serahkan ZIS ke Baznas

Dijelaskan dia, BAZNAS nantinya akan menjadi badan amil yang bisa mendistribusikannya kepada mustahiq zakat dan penyebarannya bisa merata di Kabupaten HSS, dan pihak dia bersyukur akan peningkatan penerimaan ZIZ setiap tahunnya.

Peningkatan penerimaan ZIS tidak terlepas dari peran masyarakat di Kabupaten HSS baik itu para pejabat, ASN, pengusaha semakin meningkat kepeduliannya terhadap nasib fakir miskin.

Seiring peningkatan penerimaan, BAZNAS HSS juga terus meningkatkan kinerja, baik dalam mengumpulkan maupun pendistribusian dan pendayagunaan ZIS yang terkumpul, dan untuk pengelolaan ZIS tahun 2017 sudah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan opini wajar.

Gerakan HSS Berzakat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel) (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS Serahkan Dana Hibah MUI dan Baznas

"Kami berharap hal ini juga menjadi motivasi kinerja dan peningkatan kepedulian masyarakat di HSS dalam menyalurkan ZIS untuk kesejehateraan masyarakat HSS melalui BAZNAS HSS sebagai badan amil, serta ikut menyukseskan Gerakan HSS Berzakat yang telah kita prakarsai" katanya.

Selain dari Plt Bupati HSS, penyerahan zakat ini juga dilakukan oleh para pimpinan SKPD dilingkup Pemkab HSS, dan Plt. Bupati juga menyerahkan dana ZIS dari Bank Kalsel Cabang Kandangan untuk pembiayaan Al-Qardhul Hasan sebesar Rp150 juta.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018