Para seniman Hulu Sungai Tengah (HST) memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 dengan menggelar pentas seni semarak kemerdekaan, Sabtu malam (24/8) di halaman Balai Rakyat Barabai.

Tokoh seniman HST Kaspul Anwar AK menilai saat ini seni dan budaya di HST sudah mulai ada kemajuan dan mulai menunjukkan eksistensinya, karena pemerintah daerah mendukung penuh pelestarian dan kemajuan seni dan budaya.

"Proses regenerasi mesti terus dilakukan, seni dan budaya adalah salah satu tonggak berdirinya peradaban. Pelaku seni, pegiat budaya harus bersinergi dengan pemerintah dalam usaha melestarikan itu semua," kata Kaspul, seniman yang lebih dari 50 tahun bergelut di dunia seni.

Baca juga: HST akan gelar Parisj Van Borneo festival, catat tanggalnya
Baca juga: Tamzil ajak para seniman majukan seni dan budaya di HST
Penampilan SMAN 4 Barabai dengan Tari Jukung Bagampir. (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Berbagai pertunjukan seni disuguhkan di hadapan ratusan penonton yang memadati lokasi kegiatan, seperti penampilan musik panting dari Sanggar Kumbang Banaung, penayangan seni film dan visualisasi dari SMAN 3 Barabai dan SMKN 2 Barabai.

Selain itu digelar pertunjukan tari tradisional Panyambung Rajaki dari Sanggar SMAN 1 Barabai dan tari Jukung Bagampir dari SMAN 4 Barabai,dilanjutkan dengan musikalisasi puisi oleh SMAN 1 Barabai, dan penampilan silat tradisional kuntau dari Kompak Borneo HST.

Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Hulu Sungai Tengah (DKK HST), M Ikhwansyah dalam sambutannya mengatakan, pentas seni itu digelar dalam rangka menjalin silaturahmi antar para seniman dan sebagai upaya melestarikan seni dan budaya Banjar khususnya di HST.

Baca juga: Sekda HST buka puasa bersama pegiat seni
Baca juga: HST bangkitkan kembali seni dan budaya
Penca silat yang tampil saat pentas seni di HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Mewakili para seniman dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab HST yang selama ini selalu memfasilitasi para seniman untuk bisa berkarya dan menunjukkan eksistensinya. "Terima kasih Bupati HST, Sekda dan jajaran pejabat lainnya, karena selama ini selalu memberikan ruang dan gerak bagi para seniman untuk mengembangkan kreativitas, baik di daerah sampai ke tingkat nasional dan mancanegara," ujar seniman lukis itu.

Pentas seni diakhiri dengan penampilan para sastrawan Kalsel asal HST, Kaspul Anwar AK, Rezki Atmanegara, Asna Sepriawati, Masruswian, M. Ikhwansyah dan Rahmiati yang masing masing membacakan puisi tentang kemerdekaan.

Baca juga: Sanggar Seni HST Ikuti Festival Gamelan Internasional
Baca juga: Seni budaya dari Barikin tampil memukau
Baca juga: Program GSMS mampu kembangkan bibit seni para pelajar sejak dini

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019