Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan menggelar hajatan besar seni budaya dan wisata berskala nasional bertajuk Parisj Van Borneo Festival.

"Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 30 Agusutus hingga 1 September 2019 yang dipusatkan di Lapangan Dwi Warna Barabai," kata Kepala Bidang Pariwisata Disporapar HST, Fakhrurazi di Barabai, Selasa (20/8).

Baca juga: Esa Olai meriahkan festival tari daerah se-Kalsel

Menurutnya, ada tiga hal yang meramaikan kegiatan tersebut, yaitu festival kuliner tradisional, festival etnik dan pertunjukan, hingga lomba foto wisata.

"Untuk festival kuliner, kami akan melibatkan OPD lingkup Kabupaten HST untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut," katanya.

Baca juga: Kesaktian warga Dayak panjat pohon berduri

Sedangkan, untuk festival etnik dan pertunjukan, pihaknya merangkul komunitas-komunitas budaya yang ada di Kabupaten HST serta daerah lainnya di Kalsel.
 
"Pada lomba foto wisata, yang menjadi objeknya yakni wisata di Kabupaten HST. Baik yang sudah menjadi objek wisata atau yang mungkin berpotensi menjadi objek wisata di Bumi Murakata," ujaranya.

Baca juga: Ribuan peserta ikuti karnaval pesona budaya Borneo

Ditambahkannya, pertunjukan yang digelar juga sangat beragam. Seperti tari tradisional, seni beladiri tradisional, musik tradisional maupun modern, pawai budaya, dan lain-lain.

"Event tersebut kami fokuskan untuk mengenalkan pariwisata yang ada di HST. Dengan harapan, bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan," kata Azi.

Baca juga: Gubernur Kalsel apresiasi Tapin Art Festival 2019

Terpisah, Bupati HST, H A Chairansyah menegaskan, bahwa selain konsisten memakmurkan masyarakatnya melalui peningkatan pembangunan, pihaknya juga terus mendorong kemajuan HST melalui sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.
 
"Pemerintahan kami akan terus mendorong masyarakat agar kedua hal tersebut bisa dimaksimalkan hingga turut serta mendongkrak perekonomian masyarakat di HST," tutupnya.

Baca juga: Anak-anak di HST ini kibarkan merah putih di dalam Gua
Baca juga: Video-Semarak HUT RI ke-74 warga Pegunungan Meratus
Baca juga: Atlet tinju HST berhasil raih medali emas

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019