Peserta gerak jalan sehat/santai badan usaha milik negara (BUMN) dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), melakukan kegiatan olahraga itu sambil mengumpulkan sampah plastik.

Panitia Pelaksana HUT ke 74 Kemerdekaan Indonesia dari BUMN di Banjarmasin, Minggu, menyerukan peserta agar sambil jalan juga mengumpulkan sampah plastik yang ada di jalanan.

Namun anjuran gerakan kebersihan berupa mengumpulkan sampah plastik itu kurang mendapat tanggapan peserta gerak jalan sehat BUMN untuk negeri tersebut karena tanpa hadiah atau dalam bentuk lomba.

Oleh sebab itu, pengumpulan sampah plastik kurang maksimal, karena hanya sebagian kecil atau cuma segelintir orang dari ratusan peserta yang peduli terhadap gerakan kebersihan lingkungan tersebut.

Baca juga: BUMN kampanyekan diet plastik

Kendati tidak dilombakan, hasil pengumpulan sampah plastik dari gerak jalan sehat/santai sekitar lima kilometer itu cukup banyak.

Gerak jalan yang pesertanya dari masyarakat umum dengan star dan finis 0 (nol) kilometer Jalan Sudirman itu berjalan lancar, sementara arus lalu lintas dalam "Kota Seribu Sungai" menjadi tergantung atau mengalami kemacetan, terutama pada lintasan.

Melepas gerak jalan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel H Siswansyah mewakili Gubernurnya H Sahbirin Noor yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain pada saat bersamaan.

Kemudian dari ratusan hadiah hiburan gerak jalan BUMN kali ini dengan tuan rumahnya PT Jasa Raharja (Pesero) Cabang Banjarmasin itu, Perum LKBN Antara Kalsel juga mendapatkan hadiah lebih banyak bila dibandingkan tahun lalu.

Sehari sebelumnya, BUMN yang ada di Kalsel menggelar apel 17 Agustusan di halaman Gedung Bundar - Gedung Sultan Suriansyah (Susu) dengan inspektur upacara Direktur Utama PT Jasa Raharja (Pesero) Budi Rahardjo.
Baca juga: BUMN Hadir Untuk Negeri serahkan bantuan bina lingkungan
Baca juga: BUMN Hadir Untuk Negeri gelar upacara

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019