Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 BUMN Hadi Untuk Negeri di halaman gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, menjadi berkah tersendiri bagi warga Banjarmasin, karena pada kesempatan tersebut, BUMN menyerahkan bantuan untuk bina lingkungan bagi masyarakat.

Usai upacara, para petinggi BUMN membagikan bantuan untuk bina lingkungan dan beasiswa bagi masyarakat, pertama untuk pembuatan MCK sebanyak 15 pintu di wilayah Belitung Utara di Banjarmasin Barat sebesar Rp120 juta.

Kemudian, bantuan bina lingkungan diserahkan untuk warga desa Durian Rabung di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebesar Rp100 juta untuk penyediaan sarana air bersih.

Diberi bantuan yang sama pula Rp100 juta untuk penyediaan sarana air bersih bagi warga di Sungai Rangas, Kabupaten Banjar.

Baca juga: Peserta SMN asal Sumbar penasaran dengan pasar terapung

BUMN yang memiliki hadir untuk negeri ini juga memberikan bantuan bagi elektrifikasi untuk 50 buah rumah warga tak mampu di tiga daerah, yakni, di Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala.

Selain itu ada tambahan bantuan pula yang diserahkan untuk pembuatan MCK bagi warga di daerah pinggiran sungai Martapura, yakni, di desa Sungai Rangas Tengah, Martapura Barat, Kabupaten Banjar sebesar Rp32 juta untuk empat pintu.

Kemudian bantuan yang sama juga diberikan kepada warga di desa Durian Rabung, Kabupaten HSS sebesar Rp32 juta. Demikian juga di Kelurahan Basirih Banjarmasin Selatan sebesar Rp56 juta untuk tujuh pintu MCK.

Baca juga: Antara Kalsel beri pembekalan siswa mengenal Nusantara Sumbar

Untuk bantuan bina lingkungan bagi beasiswa, BUMN bagi memberikan masing-masing tingkatan, untuk tingkat SD sebesar Rp35 juta, untuk tingkat SMP sebesar Rp40 juta dan untuk tingkat SMA sebesar Rp50 juta.

Menurut Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo, pemberian bantuan bagi bina lingkungan ini sebagai perhatian BUMN bagi masyarakat, dan ini rutinitas setiap tahunnya pada upacara proklamasi kemerdekaan.

"Dan Alhamdulillah, bantuan yang dibagikan terus meningkat," tuturnya.

Dia pun berharap, bantuan ini bisa bermanfaat yang besar bagi masyarakat khususnya untuk pelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

"Termasuk juga bagi siswa yang kita beri beasiswa mereka mendapatkan cita-citanya," papar Budi.

Sementara itu Asisten Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan II Kementerian BUMN Indriani Widiastuti menyatakan, pemberian bantuan bina lingkungan oleh BUMN ini digelar di seluruh negeri secara serentak.

"Saat ini BUMN di semua provinsi menggelar upacara kemerdekaan di waktu yang sama, termasuk memberikan bantuan bagi bina lingkungan," tuturnya.
Baca juga: Yayasan Raudhatun Nasyi gunakan bantuan BUMN untuk bangun dapur

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019