Pelaksanaan ibadah kurban Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB-PII) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan di pedalaman Pegunungan Meratus pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah berjalan lancar dan sukses.

"Pelaksanaan ibadah kurban tersebut bekerja sama dengan Dewan Da'wah Islamiah Indonesia (DDII) provinsi setempat," ujar mantan Sekretaris KB-PII Kalimantan Selatan (Kalsel) Abdul Hadi dari Barabai (165 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota HST, Selasa.

Baca juga: Panitia Aljihad manfaatkan teknologi pemotongan sapi kurban

Selain itu, terselenggaranya ibadah kurban di pedalaman Meratus tersebut atas dukungan/partisipasi sejumlah pejabat, baik tingkat nasional maupun provinsi serta Kabupaten HST sendiri seperti Bupati dan Sekdakab setempat, ujarnya.

"Warga masyarakat pedalaman Meratus menyatakan syukur dan terima kasih atas kepedulian terhadap mereka, terutama melalui ibadah kurban," lanjutnya menjawab Antara Kalsel lewat telepon seluler atau WA.

Sebelumnya Abd Hadi yang juga anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) HST dua periode itu menerangkan, 
penyembelihan sapi ibadah kurban pada 1440 H meningkat dari tahun lalu.

Baca juga: Kajati ingin gelorakan semangat berbagi di momen bekurban

Peningkatan tersebut, menurut mantan aktivis Pelajar Islami Indonesia (PII) itu, sebuah indikator meningkatnya jiwa dan semangat pengorbanan, serta kepedulian sosial, terutama dari kaum Muslim.

Ia menambahkan, seratus persen dari daging ibadah qurban tersebut untuk kaum duaffa, mualaf (mereka yang baru memeluk agama Islam) dan warga lainnya yang berada di pedalaman Meratus itu.

Baca juga: Armani Peduli bagikan 200 kantong daging kurban ke kaum dhuafa

"Kita berharap kerja sama pelaksanaan ibadah qurban bukan hanya berlanjut, tetapi juga meningkat. Karena masih banyak mereka yang membutuhkan," lanjutnya.

Ia menerangkan, penyembelihan sapi ibadah qurban pada Idul Adha 1440 H dari kerja sama KB-PII HST dengan DDII Kalsel tersebut sebanyak tiga ekor.

Baca juga: Polsek Banteng bagi daging kurban gunakan plastik ramah lingkungan

Penyembelihan sapi ibadah qurban 1440 H tersebut pada tiga lokasi atau tempat di kawasan pedalaman Meratus yaitu Desa Patikalaan Kecamatan Hantakan, 11 Agustus 2019, sesudah shalat Zuhur.

Kemudian di Desa Hinas Kiri dan Nateh Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) 12 Agustus 2019, tuturnya seraya menambahkan, pada Idul Adha tahun lalu (1439 H) penyembelihan sapi ibadah qurban hanya dua ekor dengan dua tempat yaitu Patikalaan dan Nateh.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019