Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HST dalam Pemilu 2019, Sabtu (10/8) di Pendopo Bupati setempat.

Ketua KPU HST, Johransyah mengatakan, sesuai dengan tahapan pemilu legislatif ditetapkan perolehan kursi dan 30 calon terpilih anggota DPRD HST.

Baca juga: Fajrin dan Agustina terpilih Nanang Galuh HST

 

Sekda HST saat memberikan sambutan pada pembukaan rapat pleno penetapan calon anggota legislatif DPRD HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Dari total 30 kursi tersebut, Partai Gerindra mendapatkan kursi terbanyak yaitu 8 kursi dan Partai Golkar 6 kursi disusul Nasdem 4 kursi dan PKS 3 kursi. PPP 3 kursi,

PDI Perjuangan 2 kursi, , PBB, PAN, PKPI dan Berkarya masing-masing 1 kursi.

Berikut nama-nama Caleg terpilih yang telah ditetapkan oleh KPU HST dan dibacakan oleh komisioner Johransyah, Murjani, Abdul Hadi, Mardani dan Amrullah.

Baca juga: MK putuskan kursi keenam Dapil II HST milik PDIP

Dapil 1 (Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Hantakan) yang menyediakan 10 kursi, berbagi sama antara petahana dengan pendatang baru.

Calon anggota DPRD HST yang terpilih kembali atau petahana adalah Habibah (PKS), Muhammad Sampurna (PBB), Deni Era Y (PKPI), Johar Arifin (Golkar) dan Salpia Riduan (Gerindra).

Sedangkan Lima wajah baru yaitu Alamsyah (Golkar), H Rahmadi (Gerindra), Habib Hafizi Al Habsyi (PAN), Taufik Rahman (Nasdem) dan Supiannor (PPP).

Baca juga: Ternyata motif pembunuhan di Desa Kapar hanya gara-gara cangkul

Dapil 2 (Kecamatan Labuan Amas Selatan dan Haruyan) yang menyediakan Enam kursi juga berbagi sama juga dengan para pendatang baru dan petahana.

Dari petahana yaitu H Taufiqurrahman (Gerindra), Hj Suryatin Hidayah (Golkar) dan Muhammad Jaini (PPP).

Pendatang baru di Dapil 2 yaitu Hendra Suryadie (Golkar), Salhah (Nasdem) dan kursi terakhir yang bersengketa di MK akhirnya ditetapkan PDI Perjuangan yang jadi pemenang dan Caleg terpilihnya adalah Hendra Setiawan, putra dari anggota DPRD HST, Suriansyah.

Baca juga: Lulus Akper Murakata, Daliyati ingin mengabdikan diri di wilayah Meratus

Berikutnya, Tujuh kursi di Dapil 3 (Kecamatan Pandawan dan Labuan Amas Utara), petahana yang masih beruntung duduk kembali adalah Abdul Rahman AZ (Golkar), Supriadi (PKS), Hermansyah (PDI Perjuangan) dan Tosim (Gerindra).

Sedangkan Pemain baru di Dapil 3 yaitu Yajid Fahmi AS (Berkarya), Mulyadie (Gerindra) dan mantan kepala desa Nasrullah (Nasdem).

Baca juga: KONI HST bangga Dina harumkan Indonesia

Di Dapil 4 (Kecamatan BAS, Batara, BAT dan Limpasu) yang menyediakan Tujuh kursi, berhasil direbut oleh Tiga pendatang baru yaitu Muhammad Riadi (Nasdem), Erwin Jacky S (Gerindra) dan Hj Laila Isnawati (PKS).

Sedangkan petahana yang duduk kembali adalah H Saban Effendi (Golkar), Tajudin (Gerindra), Hj Faizatunnisa (Gerindra) dan H Nasruddin SY (PPP).

Baca juga: Warga Barabai ini transaksi narkoba di kandang sapi

Mewakili Bupati HST, Sekda H A Tamzil mengucapkan selamat kepada Caleg terpilih yang akan mengemban amanah menjadi anggota DPRD lima tahun ke depan.

"Kami mengajak agar semua pihak dapat menerima hasil Pemilu ini sesuai dengan apa yang sama-sama kita harapkan sepanjang tidak melanggar aturan," katanya.

Pleno tersebut juga turut dihadiri Bawaslu HST, jajaran unsur Forkopimda, OPD, partai politik dan para mantan ketua PPK.
 

Para saksi dari Partai politik saat penandatanganan berita acara penetapan caleg terpilih DPRD HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Berkas dua Cawabup HST belum lengkap dan dikembalikan
Baca juga: Pemkab HST usulkan program bantuan penyandang disabilitas
Baca juga: Serap aspirasi di desa guna tentukan kebijakan sebelum memimpin HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019