Muhammad Aditya dan Tina Salsabiela rerpilih menjadi Nanang dan Galuh (Naga) Kabupaten Hulu Sungai Utara 2019.

Keduanya lolos ke grand final setelah menyingkirkan 28 peserta lainnya, masing-masing peserta galuh sebanyak 17 orang dan Nanang 13 peserta.

Baik Aditya maupun Tina berhasil melewati tahap demi tahap seleksi pemilihan Naga Amuntai 2019 yang cukup ketat sejak 27.Juli.
 
Malam grand final, Rabu. (Eddy Abdillah)

Ketua panitia Hj Marhamah di Amuntai Rabu mengatakan, pemilihan naga ini merupakan ajang bagi menunjukan bakat, keahlian, dan prestasi sehingga naga terpilih mampu dan layak menjadi Duta Wisata HSU 2019.

"Nanang galuh terpilih juga sosok generasi penerus yang berkepribadian luhur, berwawasan luas, dan mampu mempertahankan nilai-nilai budaya dan adat istiadat daerah," ujar Marhamah.

Marhamah mengatakan, Naga terpilih akan menjadi Duta Wisata HSU ke tingkat provinsi dan nasional guna menyebarluaskan informasi dan wawasan kepariwisataan daerah HSU.
 
Ketua DPD KNPI HSU Almien Ashar Safari turut menyerahkan hadiah. (Eddy Abdillah)

Mewakili bupati menutup pemilihan Naga 2019 Kabupaten HSU, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Fajeri Ripani menyampaikan pemilihan Naga sebagai kegiatan yang memberikan kesempatan kepada para generasi muda untuk mengembangkan diri dan potensi.

"Juga sebagai pembelajaran dan pembinaan generasi muda.  untuk menumbuhkembangkan kepribadian yang cerdas, sehat, dan meningkatkan wawasan serta cinta budaya daerah sendiri," katanya.

Selain Adita dan Tina yang ditetapkan sebagai juara Naga 2019 Kabupaten HSU, juga ditetapkan  untuk kategori Galuh HSU 2019 yakni Camelia Fauziah sebagai Wakil II, Eka Oktafiana Ayu Anggaini sebagai Wakil III, Nandita Syahdifa Kalam sebagai Wakil IV, Ikhya Ulkarimah sebagai Wakil V, Novita Agustina sebagai Galuh HSU Berbakat, dan Nove Munirah sebagai Galuh Favorit.
 
Seluruh peserta grand final. (Eddy Abdillah)
Sedang untuk Nanang 2019 ditetapkan Akhmad Jumaidi sebagai Wakil I, M. Faisal Rijani sebagai Wakil II, Nanang Septian Kusnanto sebagai Wakil III, Akhmad Rian Yusriandi sebagai Wakil  IV, M. Rendy Renaldy sebagai Wakil V, M. Razibbi sebagai Nanang HSU Berbakat, dan Rakhmatullah sebagai nanang HSU Favorit.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019