Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru menebar puluhan ribu bibit ikan guna menambah stok ikan di alam atau restocking, Selasa (23/7).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru Mochran Rasyid mengatakan bibit ikan yang ditebar berasal dari bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan.

"Ada 50 ribu bibit ikan yang kami tebar, jenisnya ikan betok atau papuyu," katanya.

Penebaran puluhan ribu bibit ikan itu dilakukan di dua lokasi berbeda. Sebanyak 30 ribu bibit ditebar di danau depan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Kotabaru di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara. Sisanya 20 ribu bibit ditebar di danau belakang Politeknik Kotabaru.

"Ada beberapa pilihan lokasi, sebelumnya kami survei sampai ke Bekambit, tapi provinsi yang memutuskan lokasinya," terang Mochran.

Kedua lokasi itu diputuskan oleh provinsi dengan pertimbangan salah satunya perairan tidak mengering pada musim kemarau.

Selain untuk menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi. Restocking ini juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.
 
Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019