Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalimantan Selatan manjakan masyarakat Kalimantan Selatan melalui program jemput-antar gratis perpanjangan Pajak Kendaraan bermotor sesuai alamat yang disampaikan.

Kepala Bakeuda Kalsel Aminuddin Latif di Banjarmasin Senin mengatakan, layanan tersebut merupakan inovasi baru dari Bakeuda dan Samsat untuk meningkatkan PAD melalui pembayaran pajak tepat waktu.

"Kami berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak melalui berbagai inovasi dan sistem yang terus dikembangkan sesuai kemajuan teknologi yang ada," katanya.

Baca juga: Bakeuda Kalsel targetkan pendapatan Rp 1,8 triliun dari pajak kendaraan

Sehingga tambah dia, tidak ada lagi alasan masyarakat terlambat membayar pajak kendaraan karena sulit, lama dan lainnya. 

Melalui Program jemput-antar pembayaran Pajak Kendaraan ini, masyarakat yang sibuk dan tidak bisa datang ke kantor Samsat untuk mengurus perpanjangan, tinggal menelpon, sebagaimana nomer yang telah disediakan, sesuai wilayah masing-masing se Kalsel.

"Semua wilayah di Kalsel, telah memiliki nomer untuk program jemput-antar pembayaran dan perpanjangan pajak kendaraan ini," katanya.

Bagi yang ada di luar kota atau luar daerah, kata dia, juga bisa mengurus perpanjangan secara online dan membayar melalui bank dan fasilitas lain yang disediakan.

Sehingga, tambah dia, saat ini pelayanan pembayaran pajak kendaraan benar-benar sangat mudah.

Sebenarnya, tambah dia, Samsat juga telah melaksanakan beberapa inovasi pelayanan lainnya, seperti Samsat Keliling, Samsat Corner, Samsat drive THRU dan Kedai Samsat Bergerak   yang dibuka untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor usai jam kerja dan malam hari.
Wahana Pelayanan Samsat Drive Thru Di Halaman UPPD Banjarmasin II (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Baca juga: Badan Keuangan Daerah diminta menggali potensi PAD

Pelayanan tersebut, tambah dia, untuk memberikan kesempatan dan kemudahan bagi masyarakat yang sibuk kerja pada siang hari.

Sayangnya, hingga kini pelayanan tersebut masih ditutup oleh Polda Kalsel, sejak menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kami sudah melayangkan surat ke Polda, agar Kedai Bergerak tersebut, segera dibuka kembali, tapi hingga kini belum mendapatkan tanggapan," katanya.

Menurut Aminuddin, target realisasi pendapatan daerah Provisi Kalimantan Selatan 2019 mencapai Rp7 triliun lebih, naik dibanding 2018 sebesar Rp6,8 triliun lebih.

Baca juga: Samsat Drive THRU permudah pelayanan yang singkat dan nyaman

Diharapkan, melalui berbagai inovasi dan kemudahan yang telah dilaksanakan oleh Samsat tersebut, akan mampu mendongkrak pendapatan pajak Kalsel.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan Program inovasi samsat perpanjangan pajak kendaraan bermotor Jemput Antar dapat menghubungi, nomor telepon Kantor Samsat sesuai wilayah di bawah ini.
 

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019