Bank Kalsel Bantu pendanaan Organisasi Sosial Sahabat Balangan Centre (SBC), untuk membangun rumah warga yang membutuhkan dan benar-benar patut untuk dibantu.

Dikenal sebagai Organisasi Sosial teraktif di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Sanggam, Sahabat Balangan Centre (SBC) dipercaya oleh Bank Kalsel Cabang Paringin, ibukota kabupaten setempat, untuk membantu para kaum yang benar-benar patut dibantu dalam hal tempat tinggal.

Disampaikan Dewan Penasihat dan Pembina Sahabat Balangan Centre (SBC) Thamrin Tailah, pihak Bank Kalsel Cabang Paringin, telah mendonasikan dana senilai Rp25 juta untuk membangun satu buah rumah warga, binaan SBC.

"Dengan desain kita 4x5 meter, terbuat dari jenis tasso dan kalsiboard dengan atap seng dan lantai semen, rumah satu kamar, satu ruang tamu, satu dapur dan WC sekaligus kamar mandi, uang tersebut mampu kami realisasikan menjadi dua buah penerima manfaat," ungkapnya.

Memang lanjut Thamrin, begitu sapaan akrabnya, permintaan desain rumah Sahabat Balangan Centre (SBC) yang kami patok senilai Rp10 Juta per rumah, hanya satu buah, akan tetapi karena memang kami hadir untuk menyalurkan donasi, sehingga keseluruhan uang kami manfaatkan lebih.

Baca juga: Video - Dandim 1001/Amuntai-Balangan Tiba-tiba Kunjungi Kegiatan SBC

"Dari uang Rp25 juta donasi Bank Kalsel Cabang Paringin, kami salurkan untuk dua penerima manfaat, yakni Kakek Cakok di Desa Ambuyang, dan Kakek Pansyah di Desa Inan, keduanya di Kecamatan Paringin Selatan," jelasnya.

Kemudian Rp5 juta sisa pembangunan rumah warga lanjut Thamrin, dimanfaatkan untuk bantuan beasiswa sekolah dan warga kalangan bawah yang sedang sakit dan harus dirawat di luar Balangan.
 

Rekening resmi Sahabat Balangan Centre (SBC) (Antara Kalse/Roly Supriadi)


Sumber Dana Sahabat Balangan Centre (SBC);

Sementara itu, Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC) Dewi Purwanti membeberkan, untuk donasi pembangunan rumah, bedah rumah,  bantuan beasiswa pelajar dan mahasiswa, bantuan orang sakit, modal dan pembinaan usaha, Sembako, parsel lebaran, relawan donor (Redo) darah, dan hal lainnya yang diperlukan, merupakan donasi dari para relawan.

"Diantaranya, bermula dari hasil pemanfaatan Group dan Halaman FB dan IG Habar Balangan (meliputi: FB Habar Balangan, FB Sahabat Balangan Centre, FB Balangan Solution Mart (B-Smart), IG Habar Balangan), kemudian UKM SBC Pentol Tampulu, Iuran anggota Rp10 ribu/bulan, dan sumbangan langsung," paparnya.

Baca juga: SBC prepares a shelter for patient families

Selanjutnya, yang kini telah pula turut berandil dalam donasi, diantaranya Yayasan Insan Mulia PAMA Tabalong untuk sembako rutin bulanan Rp5 juta/bulan, Bank Kalsel Cabang Paringin Rp25 juta dengan realisasi dua buah rumah, Ibu Hj Nursidah Ansharuddin, Rp10 juta dengan realisasi satu buah rumah.

Kemudian, PT Adaro Indonesia dan PWI Balangan dalam partisipasi Parsel Tahunan SBC, Para Camat se Kabupaten Balangan, RSUD Balangan dan UTD RDUD Balangan, pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kabupaten Balangan, dalam hal bantuan kesehatan dan Donor Darah, serta anggota TNI Kodim 1001/Amt-Balangan, atas peran aktifnya bersama SBC dalam bedah dan bangun rumah.

"Tentunya masih banyak lagi pihak-pihak yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Bahkan dalam hl donasi langsung melalui rekening Sahabat Balangan Centre (SBC) bukan hanya warga di Balangan bahkan Kalimantan Selatan, tetapi ada juga dari warga pulau jawa, dan para Tenaga Kerja di Luar Negeri," ujarnya.

Hingga kini sudah banyak bedah dan bangun rumah serta berbagai bantuan lainnya yang telah kami salurkan secara full dan terus menerus, bahkan kini sudah ada antrian empat buah rumah warga yang rencananya akan dibangun melalui Sahabat Balangan Centre (SBC) kurun waktu Juli - Desember 2019.

"Dalam Sahabat Balangan Centre (SBC) kami salurkan donasi secara full dan Amanah tanpa upah kepada yang berhak," pungkas sang leader, si Wanita Hebat dari Bumi Sanggam ini.

Baca juga: Tiga Tahun Kepemimpinan Ansharuddin - Syaifullah : Warga Balangan tidak lagi khawatirkan biaya berobat

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019