Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Perdagangan menyelenggarakan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72. Dipimpin Asisten bidang Pemerintahan, H Ainur Rafiq sebagai pembina Upacara di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (15/7).

Peringatan Hari Koperasi Nasional yang dirangkai dengan apel gabungan ASN di isi dengan penyerahan secara simbolis Nomor induk Koperasi dan Sertifikat Tanah Gratis oleh asisten  kepada usaha mikro kecil yang diwakili Primko Kartika Manuntung Yonif 621, Primkop Polres HST, Koperasi Pegawai Negeri Bina Karya dan Usaha Mikro Kecil ibu Lina Hasanah dari Desa Muara Rintis.

Baca juga: Bupati HST: Saya tidak ingin banyak bicara, karena bisa dijadikan bahan aduan

Sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM RI yang dibacakan Asisten bidang Pemerintahan, H Ainur Rafiq
mengatakan, peringatan Hari Koperasi Nasional kali ini Mengusung tema "Reformasi Total Koperasi Di Era Revolusi Industri 4.0".

Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal dan didasari tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

Menurut menteri, pihaknya dalam Lima tahun ini telah melakukan reformasi total koperasi melalui tiga langkah strategis untuk meningkatkan peran koperasi dalam pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.
Baca juga: Berikut formasi CPNS dan PPPK 2019 Pemkab HST

"Tiga langkah strategis itu adalah reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan. Tujuannya adalah mengembangkan koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat," katanya.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS Tahun 2014, kontribusi koperasi terhadap pembentukan PDB Nasional sebesar 1.71 persen dan pada Tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi  5.1 persen.

Ia mengharapkan agar gerakan koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya, dan mengajak agar mengobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Peringatan hari koperasi nasional di Kabupaten HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Jemaah calon haji HST berangkat
Baca juga: Bupati HST nyatakan siap taati hukum jika nantinya dipanggil Polda
Baca juga: Jambret di HST, ternyata pelakunya bekerja di perusahaan ini

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019