Kota Banjarmasin sudah mendeklarasikan diri sebagai kota pintar atau smart city yang berbasis teknologi IT sejak tahun lalu, dimana kemajuannya kini dengan membangun plaza smart city yang di pusatkan di lantai III menara pandang objek wisata Siring Sungai Martapura di jalan Piare Tendean.

Proyek Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Banjamasin ini dinyatakan menyediakan fasilitas informasi, bisa digunakan sebagai wadah berkumpul, berekreasi dan berbagi pengetahuan serta keterampilan atau melaksanakan lomba.

"Ada empat kegiatan yang akan menjadi aktifitas utama Banjarmasin Plaza Smart City ini, yaitu working space, diskusi tematik, pelatihan dan lomba," ujar Wali Kota Banjarmasi, H Ibnu Sina saat meresmikan tempat tersebut, Senin.

Dia menyatakan, Banjarmasin Plaza Smart City ini sangat membantu pemerintah kota dan masyarakat Kota Banjarmasin sebagai sarana dan prasarana media informasi dan komunikasi dalam kegiatan manajemen perkotaan guna mewujudkan Kota Banjarmasin yang nyaman dan aman.

Menurut dia, keunggulan yang dihadirkan di Banjarmasin Plaza Smart City ini bisa digunakan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dapat digunakan menyelesaikan permasalahan dan mengoptimalkan potensi yang ada dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya Banjarmasin Plaza Smart City ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Banjarmasin dalam menyajikan informasi, sehingga mampu menjadi solusi atas permasalahan perkotaan dan isu-isu perkotaan yang terjadi di Kota Banjarmasin,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Banjarmasin sudah memiliki pusat komando Banjarmasin Smart City yang bertempat di Balaikota sejak tahun lalu.

Ada sejumlah aplikasi yang sudah bisa diakses dalam aplikasi dalam program Banjarmasin sebagai kota cerdas ini diantaranya e-kelurahan, e-perizinan, ayo ke Banjarmasin yang di dalamnya ada Go Kelotok juga peta tempat kuliner dan objek wisata.

Baca juga: Diskominfo gandeng ITB susun master plan Smart City

Selain itu, beberapa pantauan CCTV sudah ada di banyak titik di kota yang berjuluk "kota seribu sungai" ini diantaranya di taman siring sungai di Jalan Piare Tendean, objek wisata patung bekantan dan siring sungai di Jalan Sudirman, termasuk jalan depan balaikota.

Baca juga: Banjar lulus seleksi gerakan 100 Smart City

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019