Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), A Chairansyah memanfaatkan ajang pameran dan gelar dagang Harganas XXVI di Banjarbaru untuk mempromosikan produk-produk unggulan, Sabtu (6/7).

"Kita ingin hasil produk unggulan yang dihasilkan baik oleh UMKM dan UP2K serta Dekranasda dari HST dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar," ujar Chairansyah yang ikut menerima denfan ramah kunjungan tamu ke stand HST.

Lebih dari itu, Chairansyah ingin hasil-hasil produk usaha mikro dari UMKM dan UP2K di HST dapat bangkit untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas dan keuntungan yang meningkatkan pendapatan pengrajin.

Baca juga: Kunjungi stand HST, Gubernur cicipi kue apam dan cincin

"Hal ini tentunya harus diiringi peningkatan SDM, kualitas produk dan pakeging yang menarik," tandasnya.

Daya tarik yang ditampilkan dalam stand pameran dagang HST rupanya mampu menarik minat pembeli luar untuk singgah dan berbelanja.

Hal ini sebagaimana diungkapakan oleh salah seorang pembeli dari Kabupaten Barito Selatan, Noorsiah yang merasa senang mampir berbelanja di stand HST.

Baca juga: Dua jemaah calon haji asal HST meninggal

"Produk dan kualitas yang dihasilkan cantik dan bagus, ditambah pelayanan yang ramah dan oke," ujarnya seraya menyatakan cinta dengan produk-produk kerajinan lokal.

Plt Kepala Dinas perdagangan  HST Ali Fahmi menyebutkan, bahwa terdapat 50 macam produk yang ditampilkan pada ajang pameran Haganas tersebut.

Kebanyakan dari produk yang ditampilkan berasal dari UMKM,  produk UP2K dan dari usaha mikro Dekaranasda yang sudah cukup terkenal di daerah.

Baca juga: Pengamat tari nasional: Sanggar Bima Cili layak mendapatkan nominasi juara

"Kita menampikan produk unggulan baru seperti kie apam, madu kelulut, kue cincin, kain sasirangan serta banyak lagi produk makanan ringan yang berkualitas bersih dan sehat," ujar Ali Fahmi.

Salah seorang penjaga stand pameran dagang, Helda menyatakan rasa syukur karena banyaknya pembeli dari luar daerah yang mampir untuk berbelanja dan mengenal sekilas informasi dari seni budaya, pariwisata yang ditampilkan.

"Alhamdulillah selama beberapa hari buka stand dagang, omset penjualan mencapai puluhan juta," katanya.

Baca juga: Tampil di ajang tari nasional, Sanggar Bima Cili disaksikan Bupati HST langsung
Baca juga: Warga Haruyan Dayak ditangkap saat mengantar sabu di Lapangan Pelajar
Baca juga: Dana Hibah KONI HST senilai Rp1,1 Millar siap dicairkan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019