Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melantik H Muhammad Noor sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten.

Ia mengatakan, Sekda adalah jabatan tinggi  pratama dan merupakan puncak karier seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan ini semua sudah melalui prosesi yang cukup panjang. yang diawali dengan lelang jabatan. 

"Melalui Panitia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari orang-orang dengan beragam latar belakang, yakni akademisi, praktisi dan mereka yang selalu melakukan  pengawasan terhadap penyelenggaran pemerintahan," katanya, saat memberikan sambutan usai prosesi pelantikan, Kamis (23/5) pagi.
   
Baca juga: 386 ASN HSS terima SK kenaikan pangkat

Dijelaskan dia, sekretaris daerah adalah posisi jabatan karier yang sangat strategis, karena merupakan ketua tim anggaran daerah, juga sebagai organisatoris semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.  

Sekda sudah semestinya pandai menempatkan diri, selain sebagai pemegang kekuasaan administrasi tertinggi juga harus bisa  menterjemahkan kebijakan kepala daerah untuk dilaksanakan.

Kepada seluruh pejabat Pemkab HSS, ia mengingatkan bahwa seorang pimpinan harus menerima saran dari bawahan dan apabila seorang pimpinan hanya bisanya mengarahkan bawahan tanpa mau menerima saran dan masukannya, maka itu akan menutup potensi ide bawahan utk berkreasi, hanya akan berkutat pada mengerjakan kewajibannya saja.

Kepala BKD Diklat HSS Zulkifli, mengatakan Sekda HSS H M Noor sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) dan telah mengikuti proses lelang jabatan dan meraih nilai tertinggi, dan untuk Kepala Bakeuda masih dijabat M Noor sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Baca juga: HSS kembali raih Opini WTP untuk keenam kalinya

Sekda HSS H M Noor, mengatakan secara pribadi bersyukur menerima amanah jabatan sebagai Sekda, tapi sekaligus juga menyadari jabatan ini merupakan amanah yang luar biasa berat dari kepercayaan yang diberikan pimpinan.

"Insya Allah kami akan menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan, arahan yang diberikan pimpinan akan dilaksanakan dan tentunya akan terus loyal pada pimpinan," katanya, saat memberikan keterangan di hadapan para pewarta.

Tak lupa, ia menyampaikan permohonan do'a dan dukungannya dari semua pihak dalam jabatan baru tersebut, dan ke depannya untuk jabatan yang masih kosong akan segera diisi baik yang akan mutasi ataupun promosi jabatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019