Selasa, 26 September 2017

Legislator Kalsel Harapkan Puskesmas Tingkatkan Peran

id puskesmas
Legislator Kalsel Harapkan Puskesmas Tingkatkan Peran
Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor meninjau Puskesmas Sungai Ulin Banjarbaru dan melihat pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas setempat (03)
Peningkatan peran yang kita maksudkan yaitu dalam pelayanan kesehatan masyarakat, terutama bagi penduduk setempat,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan mengharapkan Pusat Kesehatan Masyarakat di provinsi itu lebih meningkatkan peran.

"Peningkatan peran yang kita maksudkan yaitu dalam pelayanan kesehatan masyarakat, terutama bagi penduduk setempat," ujar anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Abdul Al Hamidy di Banjarmasin, sebelum meninjau Kabupaten Tabalong, Jumat.

"Apalagi kedudukan Puskesmas garda depan dalam penyalanan kesehatan masyarakat, maka peningkatan peran tersebut merupakan keniscayaan," kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu didampingi staf Komisi IV DPRD Kalsel, H Fakhrul.

Untuk peningkatan peran Puskesmas tersebut, Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi kesehatan meninjau Puskesmas di "Bumi Saraba Kawa" Tabalong-kabupaten paling utara provinsi ini yang berbatasan dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Dalam hubungan peningkatan peran itu pula, Puskesmas pada 13 kabupaten/kota di provinsi ini, termasuk Bumi Saraba Kawa (kata Saraba Kawa berasal dari bahasa daerah Banjar Kalsel, yang pengertiannya serba bisa/dapat) kini persiapan menghadapi verifikasi.

Verifikasi tersebut untuk menentukan klasifikasi atau tipe Puskesmas itu, seperti apakah sudah memungkinkan melaksanakan rawat inap terutama bagi pasien dari warga masyarakat setempat, khususnya terhadap penderita yang memang tidak memerlukan rujukan ke rumah sakit.

Sebagai contoh di Kota Banjarmasin yang berjuluk kota seribu sungai atau ibu kota Kalsel sudah banyak Puskesmas yang melaksanakan rawat inap sejauh penyakitnya tidak terlalu parah guna mengurangi tumpukan pasien rawat inap di rumah sakit.

Begitu pula seperti Puskesmas di Kabupaten Banjar, Kalsel, sudah banyak melaksanakan rawat inap, sebagai contoh Puskesmas Kertak Hanyar (tujuh kilometer dari Banjarmasin) dan Gambut (14 kilometer dari Banjarmasin).

Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kalsel ke Tabalong tersebut dalam rangkaian monitoring dan evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi setempat tahun 2017.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga