Rabu, 20 September 2017

226 Calon Haji Banjarbaru Siap Diberangkatkan

id calon haji, banjarbaru
Seluruh jamaah calon haji mengikuti manasik haji massal, Selasa (11/7) dan tanggal 27 Juli 2017 sebagai manasik yang diselenggarakan tingkat kabupaten dan kota
Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 226 jamaah calon haji Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah melalui Embarkasi Haji Banjarmasin pada pemberangkatan 1438 Hijriyah.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru Zainal Ilmi di Banjarbaru, Selasa mengatakan, seluruh jamaah mulai mengikuti manasik haji sesuai aturan Kementerian Agama.

"Seluruh jamaah calon haji mengikuti manasik haji massal, Selasa (11/7) dan tanggal 27 Juli 2017 sebagai manasik yang diselenggarakan tingkat kabupaten dan kota," ujarnya.

Manasik massal yang diikuti seluruh jamaah calon haji Banjarbaru dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi bersama Wali Kota Nadjmi Adhani dan Ketua DPRD AR Iwansyah.

Disebutkan, sesuai peraturan Menag, seluruh jamaah calon haji diberikan bimbingan manasik haji sebanyak 10 kali dengan rincian dua kali di kabupaten dan kota, 8 kali di kecamatan.

Dijelaskan, bimbingan manasik haji merupakan hak setiap jamaah calon haji sehingga diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai bekal persiapan sebelum diberangkatkan.

"Sesuai ketentuan, manasik haji yang diberikan kepada jamaah sebanyak 8 kali dilaksanakan selama empat jam setiap kali pertemuan dan diharapkan seluruh calon haji mengikutinya," pesan dia.

Menurut dia, materi manasik haji yang diberikan kepada jamaah calon haji lebih banyak mengenai praktek pemakaian kain ihram disamping penyampaian tata cara rangkaian ibadah haji.

"Direncanakan, pada manasik haji terakhir diisi dengan penyampaian nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah haji sehingga jamaah tersentuh hati dan kalbunya," ucap dia.

Dikatakan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, 225 calon haji ditambah satu orang tim pemandu haji daerah (TPHD) diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (kloter).

Pertama, kloter 13 gabungan jamaah dari Kota Banjarmasin yang dijadwalkan berangkat tanggal 18 Agustus 2017 dan kloter 17 yang berangkat pada tanggal 25 Agustus 2017.

"Sebelum diberangkatkan, sesuai prosedur seluruh jamaah akan menjalani masa karantina satu hari di Embarkasi Banjarmasin. Setelah itu, diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor," katanya. 

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga