Serahkan penghargaan Adipura, Wapres RI berharap KLHK semakin inovatif

Serahkan penghargaan Adipura, Wapres RI berharap KLHK semakin inovatif

Tangkapan layar - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi sambutan pada acara pemberian Penghargaan Adipura Tahun 2023 di Gedung KLHK, Jakarta, Selasa (5/3/2024) dipantau dari kanal YouTube Setwapres. ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Adipura Kencana kepada 5 kabupaten/kota yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan Kabupaten Ciamis, di Jakarta, Selasa.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengungkapkan menyambut baik penyelenggaraan penghargaan Adipura sebagai salah satu medium afirmatif atas upaya mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia.

Wapres Ma'ruf Amin juga berharap ke depannya program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan kebijakan zaman serta perubahan arah kebijakan.
"Saya juga meminta resensi program adipura senantiasa terjaga yaitu untuk memastikan keterlibatan berbagai elemen terutamanya komitmen dan kinerja pimpinan daerah sehingga peran serta masyarakat secara luas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ujar Maruf Amin.

Pada kesempatan itu pula Ma'ruf Amin menekankan beberapa hal untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota dalam mencapai berbagai target nasional seperti target Jakstranas Tahun 2025 dan nol sampah nol emisi di Tahun 2050.

"Melalui program ini, diharapkan pemerintah daerah dapat didorong untuk mewujudkan pemerintahan yang baik di bidang lingkungan itu," lanjut Maruf Amin.

Sebagai bentuk insentif kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau, Pemerintah memberikan penghargaan Adipura kepada kabupaten/kota dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Angka tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan jika terjadi peningkatan jumlah daerah yang meraih anugerah Adipura sebesar 32,5%, dari 80 kabupaten/kota menjadi 106 kabupaten/kota.

"Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada Adipura Tahun 2023, sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Siti.

Selain anugerah Adipura, KLHK juga memberikan penghargaan Sertifikat Adipura sebagai penghargaan bagi kabupaten/kota yang memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah di sumbernya dengan baik kepada 51 kabupaten/kota dan penghargaan Plakat Adipura sebanyak 6 kabupaten/kota untuk penilaian lokasi tematik.

Penghargaan Adipura tersebut ditentukan melalui hasil penilaian yang komprehensif dari data capaian kinerja pengelolaan sampah dalam Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), hasil pemantauan fisik kota dan penilaian kinerja di bidang Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau, penilaian kondisi operasional dari Tempat Pemrosesan Akhir Sampah, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024