Selasa, 24 Oktober 2017

Paman Birin Borong Kain Sasirangan dan Cabai Hiyung

id Tapin, pemkab tapin, rantau
Paman Birin Borong Kain Sasirangan dan Cabai Hiyung
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat melihat cabai hiyung (M Husein Asyari)
Ini Cabai sungguh luar biasa, ini harus benar-benar kita kembangkab dab kita lakukan pembinaan kepada para petaninya
Rantau, (Antaranewa Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengakugi  cabai Hiyung dan Kain Sasirangan bermotif khas Tapin.

Hal itu disampaikan dalam kunjungan ke Kabupaten Tapin dalam rangka membuka kegiatan Kemah Karya Bhakti Wisata Karang Taruna (KKBWKT) ke 29 di RTH Rantau Baru,

Seusai membuka kegiatan KKBWKT yang dihadiri oleh ribuan anggota Karang Taruna se Kalimantan Selatan sekaligus melantik pengurus Karang Taruna Provinsi Kalsel masa bhakti 2017-2021, pria yang biasa disapa Paman Birin tersebut langsung menuju ke Galery Tamasa.

Di galery Tamasa yang banyak menjual kerajinan khas Tapin, Paman Birin membeli kain sasirangan dengan motif khas Tapin sebanyak 16 lembar sebagai buah tangannya.

"Pak Gubernur tadi membeli 16 lembar kain sasirangan dengan bermacam-macam motif khas Tapin, " ujar Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Tapin Abdul Hadi.

Seusai itu, Gubernur menuju lokasi kegiatan KKBWKT yang berada di Kawasab Hutan Kota Rantau. Paman Birin langsung menuju stan Karang Taruna Pudarta Desa Hiyung yang dipenuhi oleh tanaman Cabai Hiyung dab hasil olahannya.

"Ini Cabai sungguh luar biasa, ini harus benar-benar kita kembangkab dab kita lakukan pembinaan kepada para petaninya," ujar Gubernur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur kembali membawa dua pohon cabai hiyung yang sudah berbuah untuk menghiasi di kediaman beliau .

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Tapin HM Arifin Arpan menjelaskan bahwa saat ini mulai masa panen bawang merah di daerah Kabupaten Tapin.

"Nanti kita ajak bapak Gubernur untuk ikut panen bawang merah," ujarnya.

Editor: Muhammad Husien Asy'ari

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga