Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof  Sutarto Hadi mengatakan,  wisudawan ULM kini telah mampu mendapatkan ijazah dengan akreditasi unggul sejak perguruan tinggi terbesar di Kalimantan Selatan tersebut berhasil meraih akreditasi A.

Menurut Sutarto, usai menggelar wisuda pada Selasa, dengan mendapatkan akreditasi A, maka nilai ijazah yang saat ini dipegang alumni berbeda bobotnya dibanding sebelumnya.

"Saat ini alumni dari sebuah perguruan tinggi dengan akreditasi unggul. Tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai penerbit ijazah dan para lulusan tentunya yang nanti menggunakannya," kata Sutarto saat memberikan sambutan di Wisuda Ke-91 ULM yang digelar di Auditorium Kampus Banjarbaru, Selasa (23/4).


Total ada 1.100 wisudawan dan wisudawati yang dikukuhkan dari Program Diploma (S0), Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2).

Dari ribuan orang yang tengah berbahagia itu, ada satu nama spesial. Dia adalah istri orang nomor satu di Bumi Lambung Mangkurat, yakni Raudatul Jannah atau kerap disapa Acil Odah menjadi wisudawati ULM dari Program Magister Kesehatan Masyarakat.

"Kita bangga istri Gubernur Kalsel Paman Birin menjadi bagian dari keluarga besar ULM," ucap Sutarto yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari para wisudawan serta undangan.


Sutarto juga mengungkap bantuan dan dukungan sang gubernur hingga ULM bisa terus bergerak maju seperti sekarang.

"Keberhasilan ULM memperoleh Akreditasi A tidak terlepas dari dukungan pemda. Kemudian juga pembangunan sejumlah gedung baru dan infrastruktur serta bantuan dana untuk dosen yang studi lanjut S3 beasiswa bagi mahasiwa tidak mampu adalah sebagian contoh sumbangan nyata Pemprov Kalsel kepada ULM," papar Rektor.

Tahun 2019 memang ditatap ULM dengan optimis tinggi. Berbagai prestasi ditorehkan oleh civitas akademika. Setelah selesai pembangunan gedung-gedung baru dari proyek IDB 7 in 1.

Bulan Februari lalu untuk pertama kalinya, ULM melaksanakan wisuda di Gedung Auditorium milik sendiri.

Hingga puncaknya, pada tanggal 19 Maret lalu, ULM memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai pengakuan bahwa ULM menjadi perguruan tinggi unggul di Indonesia.


Dalam sidang senat terbuka Wisuda Ke-91 itu, diberikan juga penghargaan khusus kepada lulusan terbaik baik tingkat fakultas maupun universitas berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama studi.

Adapun mereka yang terbaik dari setiap programnya, yakni Desy Mutiana Mukhlis dengan IPK 3,45 dari Program Studi D3 Akuntansi. Kemudian untuk Program Pascasarjana menobatkan Jumangin sebagai yang terbaik dengan IPK 3,93 dari Program Magister Ilmu Hukum.

Jumangin diketahui seorang perwira Polri berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) yang menjabat Kasat Reskrim Polres Hulu Sungai Utara.

Sementara untuk Program Sarjana diraih Nurul Firdha dari Program Studi Kedokteran dengan IPK 3,94.


Prosesi pengalungan medali bagi lulusan terbaik dilakukan Rektor ULM bersama Ketua Senat ULM Prof Dr Ir H Gusti Muhammad Hatta dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serta didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra.

Di sisi lain, wisuda kali ini juga ternyata banyak mengukuhkan sejumlah pejabat seperti dari Kejaksaan dan Polri.

Seperti terlihat di barisan wisudawan Program Magister Ilmu Hukum, yakni Kajari Kotabaru Indah Laila, Aspidsus Kejati Kalsel Munaji, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Rahmat Budi Handoko dan beberapa Perwira Menengah Polri lainnya di Polda Kalsel.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019