Dalam rangka peringatan Hari Kartini Tahun 2019 Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan HSS melaksanakan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA test) dan kanker payudara dengan metode Sadanis untuk para kader PKK dan ibu-ibu di Kabupaten HSS.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten HSS Srie Astutie Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Senin (22/4), mengatakan bersyukur partisipasi masyarakat pada pemeriksaan IVA test dan Sadanis kali ini ada peningkatan dari tahun lalu.

Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kader Posyando HSS ikuti jambore kader tingkat Provinsi

"Peserta IVA test dan Sadanis dalam rangka peringatan Hari Kartini Tahun 2019 seluruh TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa dan seluruh anggota TP PKK Desa serta seluruh anggota organisasi wanita di Kabupaten HSS," katanya.
 
Dijelaskan dia, pelaksanaan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode IVA test dan kanker payudara dengan metode Sadanis ini digelar secara serentak di 11 Kecamatan dan 21 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten HSS.

Maksud diselengarakannya pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode IVA test dan kanker payudara dengan metode Sadanis tersebut sebagai bentuk kepedulian sesama wanita agar para wanita terhindar dari penyakit tersebut mengingat penyakit ini adalah pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: TP PKK HSS gelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah Acmad Fikry beserta pengurus meninjau langsung acara kegiatan dengan peninjauan pertama dilakukan ke Puskesmas Telaga Langsat yang disambut hangat oleh Camat Telaga Langsat dan Pimpinan Puskesmas Telaga Langsat, dilanjutkan meninjau di Puskesmas Angkinang dan Puskesmas Kandangan.

Sedangkan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten HSS Srie Astutie Syamsuri Arsyad beserta pengurus lainnya juga meninjau langsung acara kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara di Puskesmas Sungai Raya, Puskesmas Batang Kulur dan Puskesmas Simpur.

Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019