Salah satu hasil pembangunan Pemerintah Pusat era Presiden Joko Widodo di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan adalah telah selesai pembuatan siring di bantaran sungai pusat kota Barabai yang rencananya akan dijadikan pusat wisata kuliner.

Pembangunan siring itu secara bertahap sejak 2017 yang lalu dan merupakan salah satu program pemerintah melalui pengembangan kawasan permukiman dan lingkungan dengan anggaran mencapai Rp10 Miliar yang bersumber dari APBN.

"Pembangunannya sudah rampung dan jembatan penghubung dari Taman Joewita Barabai ke seberang juga sudah tersedia dan terlihat begitu indah," kata Plt Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat HST, M Fajarudin di Barabai, Selasa.

Menurutnya, hal ini akan memberi harapan baru kepada warga sekitar untuk meningkatkan perekonomian mereka dengan menjual berbagai makanan khas kuliner Bumi Murakata.

"Hal ini juga akan meningkatkan potensi wisata yang saat ini terus digenjot oleh Pemkab HST," katanya.

Wisata kuliner di siring sungai Barabai akan saling berkesinambungan dengan upaya pemerintah saat ini membersihkan sungai dan zero jamban.

"Kota Barabai akan semakin indah dan kami berharap masyarakat mendukungnya serta berperan aktif dengan memberikan kesadaran tidak membuang sampai di sungai," katanya.

"Biasanya orang-orang daerah lain yang berkunjung ke HST pasti mencari kue khas Apam Barabai. Namun apam yang dijual dipasaran sudah dingin walaupun tetap enak. Jika menginginkan apam yang panas nantinya bisa berkunjung ke siring Barabai dan langsung mencicipinya," harapnya.

Sebenarnya dalam perencanaan menghendaki agar penyiringan sampai ke Kelurahan Bukat yang proyek penyiringannya diperkirakan akan selesai hingga 2021 mendatang.

"Namun secara bertahap kami akan terus melakukan pendekatan kepada warga karena di kawasan itu masih banyak rumah yang belakangnya menjorok ke sungai," katanya.

Pihaknya juga meminta warga agar merubah rumahnya yang tadinya pinggiran sungai menjadi belakang atau dapur rumah menjadi bagian depan. Karena sudah disiring agar sungai terlihat indah.

Salah satu warga Barabai Reza mengungkapkan sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah membangunkan siring sungai Barabai sehingga terlihat lebih indah dan bisa dijadikan objek foto.

Disamping itu juga ke depannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat karena dijadikan objek wisata kuliner. ***

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019