Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Noor menyampaikan tahun ini sebanyak empat Kelurahan yang ada di Kabupaten HSS dipastikan akan mendapatkan dana kelurahan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.

Ia mengatakan, empat kelurahan di Kabupaten HSS tersebut yakni, Kelurahan Kandangan Kota, Kandangan Utara, Kandangan Barat dan Jambu Hilir termasuk dikategori sangat perlu ditingkatkan.

“Kelurahan masuk kategori sedang nanti masing-masing mendapatkan sebesar Rp384 juta, dan memang sudah ada ketentuan penggunaan dana kelurahan tersebut,” katanya, saat memberikan keterangan, Kamis (14/3) lalu.

Dijelaskan dia, dana kelurahan terbagi tiga kategori, pertama kategori baik maka setiap kelurahan mendapatkan DAU tambahan sekitar Rp352 juta lebih, Kategori perlu ditingkatkan mendapatkan sekitar Rp370 juta lebih dan kategori sangat perlu ditingkatkan mendapatkan dana kelurahan sebesar Rp384 juta.

Mengenai waktu pencairan dana tersebut, menurut dia sampai sekarang masih dalam proses karena masih menunggu surat pernyataan mengalokasikan anggaran pendanaan kelurahan dan Peraturan Bupati (Perbup) mengenai perubahan penjabaran APBD 2019.

“Paling lambat bulan Mei mendatang proses pencairannya, dana kelurahan yang didapatkan tersebut dapat digunakan untuk sarana prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan sampai pendidikan," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019