Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Padang Batung, bertempat di aula kantor kecamatan setempat.

Camat Padang Batung H Akhmad Suriani, di Padang Batung, Rabu (20/1), mengatakan ada 60 usulan program pembangunan, yaitu lima usulan kecamatan dan 55 usulan desa dari 17 desa yang ada di Kecamatan Padang Batung.

"Untuk usulan kecamatan, salah satunya yaitu usulan pembuatan saluran air (drainase) yang berlokasi di Jalan Temanggung Antaludin, Desa Karang Jawa, dengan pagu usulan sebesar Rp1 milyar," katanya, saat menyampaikan laporan.

Sedangkan, untuk usulan desa salah satunya yaitu pembangunan jembatan Pinaatan Tambak Pipi’i, di Desa Batu Laki, dengan panjang 10 meter dan lebar empat meter dengan pagu usulan sebesar Rp2 milyar.

Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS dorong pentingnya musrenbang sebagai media aspirasi masyarakat

Dijielaskan dia, pembangunan di Kecamatan Padang Batung hingga saat ini sudah sampai ke pelosok-pelosok, sehingga secara umum sarana dan prasarana sudah cukup tersedia.

Melalui Musrenbang ini, ia mengajak untuk merumuskan dan menentukan program pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Padang Batung, sekaligus juga merupakan evaluasi dari Musrenbang tahun sebelumnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan Musrenbang Kecamatan Padang Batung yang digelar agar bisa menyerap aspirasi dari masyarakat dengan lebih melihat skala prioritas dalam pembangunan.

"Pembangunan di desa bisa ditangani dengan dana desa, yang hingga saat ini banyak aspirasi masyarakat bisa diakomodir melalui dana tersebut. Hal ini merupakan bentuk sinergisitas yang kuat antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa," katanya.

Selain itu, aspirasi masyarakat melalui Musrenbang ini bisa diakomodir oleh SKPD terkait, maka pihaknya menegaskan agar agar tiap kepala SKPD mengikuti Musrenbang hingga selesai.

Dijelaskan dia, keuangan daerah untuk pembangunan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga pembangunan dengan menetapkan skala prioritas tetap diutamakan.

Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Daha Utara gelar Musrebang tingkat kecamatan

Dana anggaran yang ditetapkan kemungkinan berbeda tiap tahunnya untuk tiap kecamatan, karena dana bisa dialihkan ke kecamatan lainnya sesuai skala prioritas yang ada.

"Makanya saya ingatkan, jangan melihat angka. Pembangunan itu sifatnya dinamis dan merupakan sebuah proses,” katnaya.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Wakil Ketua I DPRD HSS H M Kusasi, Wakil Ketua II DPRD HSS Rodi Maulidi, para kepala SKPD, anggota DPRD Dapil 2, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para kepala desa, LPM, BPD, ketua MUI Kecamatan Padang Batung, ketua TP PKK Kecamatan Padang Batung beserta Ketua TP PKK desa, serta undangan lainnya.

Musrenbang RKPD Kecamatan Padang Batung (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019