Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Daha Utara, bertempat di aula kantor kecamatan setempat.

Ia mengatakan, Musrenbang sebagai perwujudan memenuhi janji-janji calon kepala daerah yang terpilih dan ia mengajak seluruh warga HSS bersyukur karena tingkat kemiskinan di HSS menurun, tingkat pertumbuhan ekonomi tingi di atas rata-rata Kalimantan Selatan, angka pengangguran menurun, dan indeks pembangunan manusia meningkat.

"Dengan beberapa peningkatan dari berbagai bidang tersebut agar seluruh pihak yang terkait, untuk terus memacu peningkatan-peningkatan ke arah positif yang efeknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya, saat memberikan sambutan, Senin (18/2).

Musrenbang RKPD Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/ Protokol Kehumasan Setda HSS / Antarakalsel)

Baca juga: Semua desa di Angkinang alokasikan dana pendidikan bagi warga miskin

Dijelaskan dia, di dalam musrenbang agar ini bisa tersampaikan pokok-pokok pikiran dari masyarakat yang telah disampaikan melalui musrenbang di tingkat desa, sehingga tidak ada lagi pokok pikiran yang masuk di tengah perjalanan kecuali dalam keadaan bencana alam.

Dinas Kesehatan HSS akan menyalurkan dana sebesar Rp10 milyar untuk peningkatan pembangunan Rumah Sakit (RS) Daha Sejahtera, didasari dengan kebutuhan masyarakat atas akses kesehatan sehingga RS Daha Sejahtera bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Kami juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) HSS untuk dapat melakukan survei jalan antara Desa Pakan Dalam dan Pandak Daun," katanya.

Menurut dia, adanya angkutan sekolah di kecamatan Daha Utara Bupati diharapkan bisa meningkatkan semangat dan menghindari anak putus sekolah karena tidak adanya  transportasi menuju sekolah.

Terkait angkutan sekolah yang masih belum bisa mengangkut seluruh siswa yang ingin menggunakannya, ia akan mendiskusikan dengan pihak yang terkait untuk mencari solusi masalah tersebut.

Musrenbang RKPD Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/ Protokol Kehumasan Setda HSS / Antarakalsel)

Baca juga: Dukung visi misi kabupaten seluruh desa Daha Barat akan ada transmisi internet

Camat Daha Utara Lotvie Rahmani, mengatakan ada beberapa usulan antaralain, kelanjutan pembangunan jalan Desa Hakurung dan jalan tembus dari Desa Pakan Dalam ke Desa Pandak Daun.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS dan Pemkab HSS  yang mendukung pembangunan di Daha Utara, dan yang baru saja diresmikan adalah angkutan sekolah untuk siswa di Kecamatan Daha Utara," katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arysad, para kepala OPD di lingkup Pemkab HSS, anggota DPRD HSS,  Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Daha Utara, Forum Anak Daerah Kecamatan Daha Utara, para kepala desa, dan tokoh masyarakat.

Musrenbang RKPD Kecamatan Daha Utara (Fathurrahman/ Protokol Kehumasan Setda HSS / Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019