Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan siap menyambut wisatawan dari Helsinki, Finlandia, yang akan mengunjungi berbagai lokasi wisata yang ditawarkan pada Travel Fair yang diselenggarakan di Helsinki beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq di Banjarbaru Senin mengatakan, direncanakan pada 13 Maret 2019 sebanyak 15 orang delegasi dari Finlandia, akan mengunjungi beberapa obyek wisata yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Beberapa obyek wisata tersebut, antara lain adalah paket wisata ecotourism, bekantan, hutan hujan tropis Lembah Kahung, Pasar Terapung Lok Baintan dan wisata budaya suku Dayak di Haratai dan bamboo rafting.

Menyambut kedatangan duta wisata dari Finlandia tersebut, saat ini dinas kehutanan terus berupaya melakukan pembenahan-bembenahan, terutama infrastruktur menuju lokasi wisata, fasilitas wisata, keamanan, kebersihan dan lainnya.

Seperti pembangunan dermaga Pulau Bakut, yang menjadi tempat berkembangbiaknya bekantan.

Menurut Hanif, Pulau Bakut, merupakan pulau kecil yang telah mendunia, sehingga kini menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk terus dikembangkan, termasuk infrastrukturnya.

Selain itu juga wisata alam Lembah Kahung, kini infrastrukturnya juga sudah sangat memadai, untuk menjadi salah satu tujuan wisata di Kalsel.

Lokasi lain yang ditawarkan adalah Pulau Bekantan, yang kini juga sudah siap diisini oleh bekantan dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) maupun dari daerah lain di Kalsel.

"Seluruh titik-titik wisata yang bakal dikunjungi oleh tim dari Finlandia,telah kita siapkan, sehingga mereka akan merasa puas dan menyatakan Kalsel layak untuk menjadi salah satu daerah wisata alam nasional yang bisa dikunjungi," katanya.

Ke-15 orang tersebut, yang akan membantu mempromosikan, seluruh potensi wisata alam Kalsel di dunia internasional.

"Saat ini, dunia internasional sudah mengetahui bahwa Indonesia itu tidak hanya, Bali, Lombok dan Yogya, tetapi juga ada Kalimantan Selatan, dengan seluruh potensi alamnya," katanya.

Apalagi, tambah dia, bekantan, ditetapkan menjadi maskot terbaik ketiga, setelah panda kembar dari Finlandia dan kuda laut dari Estonia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti travel fair di Matka-Nordic Travel Fair 2019 di Helsinki, Finlandia yang diselenggarakan sejak 17 hingga 20 Januari 2019, Matka-Nordic

Travel Fair merupakan even promosi pariwisata terbesar di kawasan Eropa Utara, termasuk pasar Nordic, Baltik dan Rusia.

Dalam travel fair ini, Kalsel mengusung tagline: ?South Borneo?s Sustainable Rain Forest, the Lungs of the World? melalui tour operator RR Tours and Travel dan Fiesta Reisid.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019