Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan di periode kedua kepemimpinannya ini semangat Visi dan Misi "Sehati" di periode yang telah lalu akan terus dilanjutkan, dan lebih ditekankan diperiode kedua kepemimpinannya.

Ia mengatakan, pada periode kedua ini pihaknya akan secara terukur untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan menuntaskan kemiskinan melalui beragam program.

"Kami berharap agar pihak kecamatan dan desa bisa mengarahkan semua program baik yang melalui dana kabupaten ataupun dana desa, untuk secara orang-perorang sehingga bisa menekan angka kemiskinan," katanya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Telaga Langsat, di Aula Sehati, Kamis (24/1).

Dijelaskan dia, akan terus menjadikan Kecamatan Telaga Langsat sebagai basis daerah Pertanian di HSS, dan akan terus berupaya memenuhi segala harapan para petani.

Musrebang tingkat Kecamatan Telaga Langsat (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Puskesmas Telaga Langsat lebih megah dari kantor kecamatan

Pada tahun 2019 ini dilanjutkan pembuatan irigasi di Desa Gumbil dengan dana Rp15 Milyar rupiah lebih, dengan sektor pertanian ini diharapkan  ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan petani yang mana mayoritas penduduknya berusaha dibidang pertanian.

Sementara untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2018 lalu di Kabupaten HSS secara umum cukup baik, ada tiga indikator yang berpengaruh terhadap IPM tersebut, yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Target kita untuk IPM ini di tahun 2020 sebesar 70,25 dan nanti akan kita lihat mana dari tiga indikator ini yang perlu di dorong," katanya.

Camat Telaga Langsat Bardamaini,  mengatakan Musrenbang ini merupakan rangkaian dari Musrenbang desa, sesuai tahapan dilanjutkan dengan Pra Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan 21 Januari 2019 yang lalu.

Dijelaskan dia, Musrenbang ini diharapkan dapat ditentukan prioritas pembangunan di Kecamatan Telaga Langsat, dari pertama hingga terakhir dan semua yang diusulkan pihaknya kali ini bisa bersinergi dengan masing-masing program dinas terkait.

Musrebang tingkat Kecamatan Telaga Langsat (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Hari jadi Telaga Langsat suguhkan kuliner serba Durian

Musrenbang desa maupun Pra Musrenbang kecamatan, menghasilkan tiga kelompok, Pertama, bidang fisik, ditujukan untuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang bidang Bina Marga Cipta Karya dan Pengairan serta Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup.

Kedua, Untuk bidang ekonomi, ditujukan untuk Dinas Pertanian, Perikanan dan Perdagangan. Berikutnya, dan Ketiga untuk bidang sosial budaya, ditujukan ke Dinas Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Dekranasda, Kominfo, Perhubungan, Perpustakaan dan Kearsipan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Kesbangpol dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah.

Musrebang diikuti para peserta berjumlah 55 orang, dan turut dihadiri Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi SE, Wakil Ketua DPRD H M Kusasi dan Rody Maulidi, para kepala SKPD, anggota DPRD Dapil II, para kepala desa, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para Kepala Instansi di Kecamatan, alim ulama, UP3 serta para Samping Desa.

Musrebang tingkat Kecamatan Telaga Langsat (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019