Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Telaga Langsat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS,  terbaru rehab total Puskesmas Telaga Langsat yang bangunannya tinggi dan megah.

Ia mengatakan, bangunannya Puskesmas megah sekali sehingga kantor kecamatan di sebelahnya tenggelam, suatu saat nanti pihaknya akan bangun juga kantor kecamatan sehingga sejajar dengan bangunan Puskesmas.

"Walaupun status Puskesmas tidak rawat inap namun sudah ada pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) termasuk bersalin 1 x 24 jam, sudah luar biasa untuk memberikan pelayan untuk warga di Kecamatan Telaga Langsat," katanya, saat memberikan sambutan dalam hari jadi ke-68 Kecamatan Telaga Langsat, Sabtu (15/12).

Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Expo berlangsung sukses pedagang kuliner meminta perpanjangan waktu

Dijelaskan dia, warga agar dapat memanfaatkan Puskesmas ini dengan baik untuk berobat, seiring juga nanti di tahun 2019 program BPJS Semesta akan segera dimulai sebagai janji politik pihaknya saat Pilkada yang lalu.

Ia menanggapi harapan dari warga Telaga Langsat yang ingin dibuatkan jalan atau peningkatan jalan irigasi, dan menurut dia jalan irigasi ini adalah jalan inspeksi yang dimiliki oleh Balai Sungai sehingga Pemkab HSS sesuai aturan tidak bisa melakukan tindakan perbaikan.

Namun ternyata dari informasi sudah ada koordinasi yang dilakukan oleh DPRD dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan kesimpulannya memperkenankan Pemkab HSS  untuk memperbaiki jalan tersebut.

“Saya sudah panggil Dinas Pekerjaan Umum (PU) HSS untuk memprogramkan peningkatan jalan-jalan tersebut dan untuk tahap pertama ini bisa dianggarkan di APBD Perubahan 2019 lebih dulu,” katanya.

Dalam kegiatan ini, Bupati HSS menyerahkan sertifikat kepada desa-desa yang 100% Open Defication Free (ODF), yaitu desa yang 100% stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kepada Desa Ambutun, Desa Gumbil, Desa Longawang, Desa Pakuan Timur dan Desa Pandulangan.

Selain itu, Hj. Isnaniah Achmad Fikry selaku Ketua GNOTA HSS bantuan kepada para siswa sekolah dasar dari keluarga kurang sejahtera sebagai salah satu program kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA).

Penyerahan sertifikat desa-desa 100% Open Defication Free (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video : Edukasi dini menabung PKK HSS gelar lomba mewarnai gambar

Bantuan tersebut berupa 10 buah sepeda, dengan harapan bantuan dapat menjadi penyemangat mereka untuk terus belajar menuntut ilmu dan sekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi serta meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Turut hadir dalam peringatan hari jadi Kecamatan Telaga Langsat, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Wakil Ketua DPRD HSS Rodi Maulidi, para Kepala SKPD di lingkup Pemkab HSS, ketua MUI Kecamatan Telaga Langsat, para kepala desa dan perangkat desa serta tokoh masyarakat se Kecamatan Telaga Langsat.

Bantuan sepeda dari GNOTA HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018