Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pasar murah di Desa Stagen, Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, menjelang hari besar keagamaan.

Kepala Seksi Bahan Pokok dan Bahan Penting Dinas Perdagangan Kalsel Magdalena, Rabu, mengatakan pasar murah yang menjual bahan-bahan kebutuhan pokok itu dilaksanakan sehubungan beberapa hari besar keagamaan nasional yang akan menjelang.

"Sebentar lagi kan bulan Maulid, kemudian bagi yang nonmuslim akan merayakan Natal," ujarnya.

Pasar murah merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program Paman Birin Peduli. Kegiatan ini rutin diadakan setiap mendekati hari-hari besar keagamaan nasional. Sepanjang tahun ini Dinas Perdagangan Kalsel memprogramkan pasar murah di 56 titik di 13 kota dan kabupaten.

"Hari ini pasar murah ke-50 yang kami laksanakan," tambahnya.

Di pasar murah ini, berbagai bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, tepung, minyak goreng, sayur mayur, hingga daging sapi dijual dengan harga distributor.

"Kita tidak boleh memberi subsidi, jadi kita hanya beri harga distributor, Insya Allah lebih murah daripada di pasar antara Rp500 sampai Rp1000 per item, kata Magdalena.

Meski disparitasnya tidak jauh dengan harga pasar, namun pasar murah ini tetap saja diminati warga. Banyak warga yang sudah antre sebelum pasar murah dibuka.

"Lebih murah harga di sini, kalau bisa diperbanyak lagi jenis barangnya, karena sangat membantu masyarakat seperti kami," ucap Kasmiati, salah seorang warga.

Datangnya hari-hari besar keagamaan nasional kerap diikuti kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Namun, saat ini harga-harga kebutuhan pokok di Kabupaten Kotabaru masih relatif stabil. Lonjakan harga biasanya terjadi jika sudah mendekati hari-hari besar tersebut.

 

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018