Banjarbaru (Antaranews, Kalsel) – Istri Wali Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani menyemangati peserta kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa pembuatan aneka kue yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Landasan Ulin Tengah Banjarbaru, Selasa.


“Peserta harus mampu memanfaatkan kegiatan ini karena bisa dijadikan peluang usaha baik secara perorangan maupun kelompok sehingga bisa menambah penghasilan bagi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan,” ujar Ketua TP PKK Kota Banjarbaru itu.

 
Ia mengatakan, setiap peserta diberikan bimbingan dan pelatihan sehingga bisa mengembangkan usaha-usaha produktif terkait pembuatan aneka kue yang bisa dikombinasi dengan keahlian yang dimiliki masing-masing peserta.


Dijelaskan, sesuai program kegiatan yakni penggunaan teknologi tepat guna sehingga peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan teknis menggunakan peralatan teknologi sederhana agar mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri.


 “Harapan kami, kemandirian wira usaha khususnya sektor usaha kecil mampu menjadi unit ekonomi produktif yang berkembang permanen dan berkesinambungan serta menjadi pendorong atau motivasi masyarakat untuk ikut berwirausaha,” ungkapnya.

 Kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya ibu-ibu merupakan program Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Banjarbaru yang dilaksanakan Bidang  Pelatihan dan Penempatan Kerja dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang.

 “Kegiatan Teknologi Tepat Guna bertujuan mengarahkan, memandu dan membimbing masyarakat melalui pembentukan usaha-usaha produktif dan kali ini berupa pembuatan aneka kue,” ujar Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja Irawan.

Menurut dia, peserta diberikan pengetahuan mengenai pengolahan atau pembuatan aneka kue menggunakan peralatan teknologi sederhana, praktis serta teknik-teknik manajerial untuk  mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan.

 “Melalui jiwa kewirausahaan mandiri diharapkan mampu menciptakan sektor-sektor usaha kecil seperti pembuatan aneka kue  sehingga menjadi unit ekonomi produktif yang berkembang permanen dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan juga bertujuan mendorong dan memberikan motivasi bagi masyarakat sekitar untuk ikut berwirausaha terutama yang masih menganggur, setengah pengangguran dan anggota TP PKK Kelurahan Landasan Ulin Tengah yang diikutsertakan pada kegiatan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Banjarbaru Liang Anggang  Isnaniah  menyerahkan bantuan peralatan memasak kepada perwakilan peserta pelatihan TTG aneka kue tersebut. Yose Rizal

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018