Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kebakaran yang terajdi Senin (24/9) pukul 03.45 Wita yang terajdi di Mandampa, Desa Lokbinuang, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan menghanguskan delapan buah rumah.

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko melalui Kasubbag Humas IPTU H Gandhi Ranu S, di Kandangan, Senin (24/9) mengatakan kebakaran mengakibatkan kerusakan total lima buah rumah dan tiga buah dengan kerusakan 50 persen.

"Total kerugian diperkirakan mencapai Rp830 juta dan tujuh Kepala Keluarga (KK) dengan 20 jiwa sementara ada yang ditampung di rumah keluarga korban dan warga sekitar," katanya, saat memberikan keterangan.
 
Personil Polres HSS lakukan penyelidikan penyebab kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Kebakaran hutan dan lahan HSS belum berdampak kabut asap

Dijelaskan dia, api diduga berasal dari  dapur rumah milik korban Kasman,seketika itu juga api langsung menyebar ke rumah penduduk lainnya dan baru dapat di padamkan sekitar jam 05.15 Wita oleh sekitar 20 Unit BPK, baik dari Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan HSS.

Adapun penyebab kebakaran masih dalam dalam penyelidikan pihak kepolisian, dan bantuan untuk para korban sudah disalurkan banyak pihak untuk meringankan beban para keluarga korban kebakaran.

Data kebakaran yang berhasil dihimpun antaralain, rumah Kasman dengan ukuran 6 meter x 10 meter, terbuat dari kayu beratapkan daun dan seng serta satu buah sepeda motor Honda Astrea Grand, total kerugian sebesar Rp100 juta.

Rumah Jursani Ukuran 8 mter x 15 meter, terbuat dari kayu beratapkan seng  total kerugian sebesar Rp250 juta, rumah Hj Normah ukuran 5 meter x 7 meter, terbuat dari kayu beratapkan seng  total kerugian sebesar Rp70 juta.

Rumah Amrani ukuran 6 meter x 15 meter, terbuat dari kayu beratapkan seng  total kerugian sebesar Rp100 Juta, rumah Hamidah ukuran 4 meter x 8 meter terbuat dari kayu atap seng, dapur mengalami kebakaran dengan total kerugian sebesar Rp10 juta.
 
Personil Polres HSS lakukan penyelidikan penyebab kebakaran (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Satu Orang Meninggal Akibat Kebakaran Di Jambu Hilir

Selanjutnya, rumah Fauzi dengan ukuran 8 meter x 15 meter, terbuat dari semi permanen beratapkan metal roof  dan satu buah Yamaha Jupiter MX dengan total kerugian sebesar Rp150 juta.

Dan rumah H Sabran dengan ukuran 5 meter x 15 meter, terbuat dari semi permanen beratapkan metal roof dengan  total kerugian sebesar Rp100 Juta, terakhir, kediaman Maskurba dengan ukuran 5 meter x 15 meter, terbuat dari kayu beratapkan seng dengan total kerugian sebesar Rp50 juta,-

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018