Barabai, (Antaranews Kalsel) - Korps Himpunan Mahasiswa Islam Wati (Kohati) Cabang Barabai peringati Milad Kohati ke-52 yang bertajuk perempuan dan literasi di Aula Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (22/9).

Acara tersebut di hadiri para kader-kader HMI-Wati dari tingkat Cabang hingga Komisariat dan organisasi perempuan yang ada di Kota Barabai dengan mengangkat tema Kohati Pelopor Literasi, Perempuan Cerdas, Generasi Berkualitas.

Ketua Kohati Cabang Barabai, Siti Fatimah menyampaikan kegiatan itu juga diisi dengan bincang pustaka yang mengupas habis buku berjudul "Perempuan Di titik Nol".

Baca juga: Pengkaderan HMI cetak mahasiswa berkualitas di era milenial

Selanjutnya juga dibawakan materi terkait orasi literasi dan muzakarah sebagai upaya penguatan budaya literasi perempuan yang berperan sebagai sekolah utama generasi milineal.

Menurutnya gerakan literasi saat ini sudah menjadi gerakan massal. Oleh karena itu, setiap kalangan harus ikut aktif berpartisipasi, termasuk kaum perempuan.

"Perempuan memiliki peran yang sangat strategis, semangat emansipasi telah mendorong kaum perempuan untuk memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki berkiprah pada berbagai bidang pembangunan," katanya.

Baca juga: Zainuddin dari Barabai terpilih ketua Badko HMI Kalselteng Periode 2018-2020

Mahasiswa yang juga seorang pengusaha itu menyampaikan peran perempuan dalam literasi bukan hanya kaitannya dengan membaca dan menulis, tetapi juga dalam dimensi yang lain, perempuan harus cerdas dan berkualitas serta mampu bersaing di era milenial.

"Dalam momentum ini juga dikemas pemilihan perempuan inspiratif Kohati Cabang Barabai dalam hal ini fertility perempuan inspiratif atas nama Nurul Widya dari pengurus Komisariat Tarbiyah," kata Fatimah.

Baca juga: Kohati Barabai Dilantik Dan Siap Kembangkan Peran Kewanitaan

Perwakilan Kankemenag HST Ali Hasmi juga berharap kepada pimpinan organisasi HMI dan Kohati untuk sama sama mengakselerasikan nilai-nilai Islam dalam hal kesetaraan gender.

"Saya sangat menyadari betapa urgensinya peran organisasi dalam menghadapi tantangan zaman diera milenial ini, teruslah berkarya dan menjadi organisasi  bermanfaat serta melahirkan kader-kader berkualitas dan mengabdi kepada bangsa dan negara," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Presidium MD KAHMI HST M Isnaini, Ketua Umum HMI Cabang Barabai Muhammad Yusuf dan para mantan Ketua Kohati Cabang Barabai dari beberapa periode.

Baca juga: HMI Barabai Galang Dana Peduli Rohingnya
 
Peringatan Milad Kohati Ke-52 di Kota Barabai (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018