Barabai, (Antaranews Kalsel) - Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Barabai, Zainuddin terpilih menjadi Formatur ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI Kalimantan Selatan dan Tengah menggantikan Muhammad Ridha pada Musyawarah Daerah XXIII yang berlangsung di Kota Kandangan, Sabtu (18/18/2018).

Menurut Pengawas Musda dari Pengurus Besar HMI, Muhammad Rizali, saat pendaftaran calon kandidat Ketua Badko dari tanggal 13-17 Agustus 2018 pukul 00.00 wita, hanya ada dua calon yang menyerahkan berkas dan dukungan cabang.

Setelah melalui rangkaian pleno tahapan Musda, ternyata salah satu Kandidat rivalnya Zainuddin yaitu Muhammad Abdillah Ihsan dari Cabang Banjarmasin berhalangan hadir dan tidak bisa mengikuti proses pencalonan.

Jadi secara Konstitusi dan kesepakatan forum Musda yang dihadiri seluruh utusan Cabang HMI dari dua Provinsi yaitu Kalselteng memutuskan Zainuddin terpilih secara aklamasi dan memenuhi syarat menjadi Formatur Ketua Badko HMI Kalselteng dengan masa jabatan 2018-2020.

Zainuddin yang merupakan Alumni Ponpes Darul Inabah tersebut mengucapkan terima kasih kepada dukungan dan partisipasi seluruh Cabang yang berhadir serta apresiasi kepada panitia yang telah sukses melaksanakan Musda dengan aman dan lancar.

"Program kami ke depan tentu saja untuk memajukan HMI dan peran kemahasiswaan khususnya di wilayah Kalselteng serta memperteguh nilai- nilai keIslaman dan Keindonesiaan kader," kata aktivis yang baru saja merayakan ulang tahun bertepatan dengan HUT RI kelahiran 17 Agustus 1989 itu.

Zainuddin sendiri sekarang masih terdaftar dan kuliah di Fakutas Da'wah STAI Al-Washliyah Barabai serta aktif menjadi penceramah dan khatib shalat Jum'at di beberapa masjid di Barabai.

Sedangkan training HMI yang pernah diikutinya adalah LK 1 di Komisariat Syari'ah HMI Cabang Banjarmasin, LK 2 di HMI Cabang Balikpapan dan LK 3 di Badko HMI Kalselteng. Jabatan terakhirnya di HMI yaitu di Departemen penelitian dan pengembangan Badko HMI Kalselteng 2016-2018.

Dia juga aktif di forum kajian dan penelitian Insan Cita Institute Barabai sebagai Wakil Direktur Hubungan Antar Lembaga serta sering menulis artikel tentang kepemudaan dan isu-isu hangat di media cetak dan online.

Ketua KNPI Provinsi Kalsel yang juga orang Barabai yaitu Fazlur Rahman langsung mengucapkan selamat dan berharap semoga sosok Zainuddin bisa menjadi pemimpin yang berhasil mengkoordinir perkaderan HMI di Banua.

"HMI ke depan harus mempertahankan marwah dan identitas lembaga yang independen, kritis dan solutif. HMI Banua bersama OKP lain yang berhimpun di KNPI Kalsel harus mengambil peran yang berkontribusi positif bagi daerah," kata Fazlur yang juga merupakan mantan aktivis HMI itu.

Sedangkan pada forum Musda Kohati Badko HMI Kalsel, terpilih juga secara aklamasi atas nama Pp Rabiah Al Adawiyah DND dari cabang Banjarmasin menjadi Formatur Ketua Kohati Badko HMI Kalselteng.

 

Pp Rabiah Al Adawiyah DND (Sebelah kanan) yang terpilih menjadi Formatur Ketua Kohati Badko HMI Kalselteng (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018