Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Salah satu ekowisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan Puncak Karamo menjadi salah satu tujuan wisata lokal berupa panorama pegunungan dan sungai.
   
Untuk mengembangkan salah ekowisata ini PT Adaro Indonesia melalui program tanggungjawab sosialnya memberikan bantuan peralatan susur sungai kepada Kelompok Tani Hutan pengelola Puncak Karamo.
   
"Bantuan peralatan susur sungai dari Adaro sudah kita serahkan ke pengelola ekowisata Puncak Karamo," jelas Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong Heryadi di Tanjung, Minggu.
   
Alat susur sungai berupa 50 pelampung, 20 helm, kamera anti air dan perlengkapan lainnya nantinya bisa dimanfaatkan bagi pengembangan  ekowisata Puncak Karamo.
   
Selaku pengelola ekowisata ini yakni  KTH Karamo Bersinar yang sebelumnya  menandatangani Nota Kerjasama Kemitraan (NKK) dengan KPH Tabalong  untuk mengelolaan Jasa Lingkungan Wisata Alam.
   
Heryadi menyampaikan pengelolaan jasa lingkungan wisata alam untuk KTH Karamo Bersinar di Desa Taratau RPH Muara Uya KPH Tabalong seluas 150 hektare
     
Ketua Kelompok KTH Karamo Bersinar  Jaenudin mengatakan panorama Puncak Karamo menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar wisata alam.
   
"Selain panorama Puncak Karamo pengunjung juga  bisa menikmati sensasi susur sungai di Desa Taratau," jelas Jaenudin.
   
Sebelumnya kelompok ekowisata   Kinarum Kecamatan Upau mendapat bantuan perahu karet dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah IX Banjarbaru.
     
Fasilitas ini pun dimanfaatkan bagi pengunjung ekowisata Kinarum untuk kegiatan susur sungai sekaligus menikmati panoma hutan di sekitarnya.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018