Rantau, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 39 desa di 12 Kecamatan di Kabupaten Tapin laksanakan Pemiliha Kepala Desa (Pilkades) gelombang kedua yang di ikuti oleh 131 calon Kepala Desa pada Selasa (28/8).

Pada kesempatan itu, 
Sekertaris Daerah Kabupaten Tapin Dr  Rahmadi bersama unsur Muspida yang terdiri dari Kodim, Polres, Kajari Tapin bersama-sama pantau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tapin.

Beberapa TPS pelaksana Pilkades di monitoring, diantaranya TPS Desa Banua Halat Kanan, Desa Paul, Desa Tangkawang, Desa Parigi Kacil, Desa Pandahan, Desa Bungur dan Desa Lokpaikat.

"Kita berharap Pilkades gelombang kedua ini berjalan lancar dan damai tanpa ada kendala hingga pelantikan nanti," harap Sekda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Perdesaan, Yumanto mengatakan pihaknya punya andil dan tanggung jawab dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa dimana pihaknya bertugas memfasilitasi, sampai hari pemilihan dari semua tahapan.

"Semua logistik sudah terdistribusikan, termasuk kordinasi dengan jajaran Kodim, Polres serta istansi terkait juga sudah dilaksanakan. Mudah-mudahan sore ini hasil rekap Pilkades sudah selesai dan selanjutnya dapat digelar penetapan Calon Kades," ujarnya.


Ditambahkan Yumanto, pada Pilkades ini memiliki dua kepanitiaan, yakni panitia desa dan panitia Kecamatan, maka jika ada permasalahan sebaiknya diselesaikan ditingkat desa tidak perlu di bawa ke Panitia Kecamatan.

"Kalau ada permasalah, selesaikan dulu di desa, karena ini permasalah desa, jangan langsung di bawa ke kecamatan," ujarnya lagi.

Ditambahkan Yumanto, setelah selesai pelaksanaan Pilkades gelombang kedua ini, pihaknya akan kembali mempersiapkan hajatan demokrasi tingkat desa Pilkades gelombang tiga di tahun 2020 nanti.

"Semoga Pilkades gelombang dua ini berjalan sukses," harapnya.




 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018