Rantau, (Antaranews Kalsel) - Jajaran Polsek Tapin Selatan makin mengintensifkan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan melakukan berbagai upaya preventif dan preemtif kepada masyarakat.

Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno melalui Kapolsek Tapin Selatan IPTU Embang Pramono mengatakan seiring dengan masuknya musim kemarau ini, pihaknya terus meningkatkan kegiatan pengegahan Karhutla kepada masyarkata.

"Kita terus melakukan pencegahan secara intens dengan mengimbau agar masyarakat tidak membakar hutan dan lahan," ujarnya.

Selain sosialisasi langsung, imbauan disampaikan melalui pemasangan banner dan spanduk yang dipasang di rumah-rumah warga dan di lokasi-lokasi ideal yang mudah di baca oleh warga.

"Kami telah memasang puluhan spanduk dan banner yang berisikan maklumat Kapolda tentang Karhutla agar mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melawan bersama pembakaran hutan dan lahan," ujarnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga terus meningkatkan kesiap siagaan apabila adanya laporan terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukumnya.

"Kita juga menyiapkan posko bencana karhutla di Polsek Tapin Selatan dengan bekerjasama dengan TNI, BPBD Tapin, dan Relawan BPK," kata Embang. Pramono.

Ditambahkan Embang, bawa wilayah hukumnya kawasan rawan karhutla dikarenakan hampir seluruh terdiri dari lahan kosong, lahan pertanian dan pertambangan batubara.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018