Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS) menggelar pelepasan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten HSS yang berjumlah 279 orang, bertempat di halaman Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan.

Sekretaris Daerah HSS H.M. Ideham, di Kandangan, Kamis (9/8), mengatakan agar JCH dari  HSS benar-benar mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji ini,  segala yang diajarkan selama pelatihan manasik agar dipraktekkan dengan sungguh-sungguh.
 

Pelepasan JCH dari Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pemkab HSS gelar pelepasan JCH PNS

"Jamaah harus pula mempersiapkan kondisi fisik cecara matang, terutama masalah kesehatan masing-masing, karena iklim dan cuaca di tanah suci sangat berbeda dengan daerah, sehingga perlu persiapan yang maksimal," katanya, saat menyampaikan arahan dari Penjabat Bupati HSS H Dahnial Kifli.

JCH  Kabupaten HSS yang diberangkatkan kali Ini merupakan rombongan pertama, terdiri dari tujuh buah bis yang tergabung dalam kloter 15 embarkasi Syamsudinnor Banjarmasin.

Total jamaah yang diberangkatkan seluruhnya berjumlah 279 orang, termasuk tim PPIH dan tim Medis, sementara sisa jamaah yang akan menyusul dipemberangkatan kedua nantinya hanya berjumlah sembilan orang yang akan tergabung dengan kloter 18.
 

Pelepasan JCH dari Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)



Baca juga: Dahnial Kifli minta JCH HSS jaga kekompakan di tanah suci

Selesai pengarahan dan sebelum keberangkatan, jamaah bersama-sama jajaran Pemkab HSS dan Kementerian Agama HSS melaksanakan sholat subuh berjamaah yang dilaksanakan di Aula Dalam Pendopo Kabupaten.

Kepala Kemenag HSS H.M. Syaribuddin, mengatakan rasa terima kasihnya kepada Pemkab HSS yang banyak membantu penyelenggaraan ibadah Haji, terutama dalam memfasilitasi armada pengangkutan jamaah, yang rencananya Pukul 08.00 Wita sudah harus masuk ke Asrama Haji, Landasan Ulin, Banjarbaru.
 

Pelepasan JCH dari Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Muhammad Ahyad dan Ideris petugas haji HSS

Pelepasan keberangkatan bis JCH  HSS sebagaimana biasa diwarnai hiruk pikuk para keluarga dan masyarakat umum, yang ikut mengantarkan para tamu Allah Ini.

Hampir seluruh area trotoar di sekitar Tugu Dodol Kandangan dijejali masyarakat, yang secara langsung ini melepaskan keluarganya akan menunaikan Ibadah Haji, untuk terakhir kalinya walaupun hanya sekedar melambaikan tangan saat rombongan bis pengangkut jamaah ini melintas di depan mereka.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018