Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan pelepasan Jemaah Caon Haji (JCH) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab HSS tahun 2018 yang dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) HSS HM Ideham.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan H.Hubriansyah, di Kandangan, Kamis (2/8), mengatakan  diselenggarakannya acara ini sebagai sarana silaturrahmi antara JCH PNS dengan Pemkab HSS, untuk memberikan doa restu dengan harapan diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan ibadah haji serta memperoleh haji yang mabrur.

"Berdasarkan data dari Kementrian Agama HSS, data JCH Kabupaten HSS tahun 2018 embarkasi jemaah haji dari Kabupaten HSS berjumlah 277 orang yang terdiri dari 112 orang laki-laki dan perempuan 165 orang, adapun JCH  PNS di  lingkup Kabupaten HSS berjumlah 103 orang yang terdiri dari 57 laki-laki dan 46 perempuan," katanya.
 

Pelepasan JCH PNS di lingkungan Pemkab HSS (Fathurrahman,/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial Kifli minta JCH HSS jaga kekompakan di tanah suci

Dijelaskan dia, kegiatan ini juga sebagai sebagai bentuk pengharagaan dari Pemkab HSS) terhadap  PNS yang di lingkup Pemkab HSS yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2018 ini.

Ideham,  mengatakan atas nama pribadi dan Pemkab HSS mengucapkan selamat kepada calon jemaah haji PNS dari Kabupaten HSS yang dalam waktu tidak lama lagi berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Dan juga selamat jalan kepada jemaah calon haji PNS lingkup Pemkab HSS tahun 2018 dengan iringan do'a semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan dari Allah SWT, dapat menjalankan rangkaian ibadah rukun islam ke-5 dengan baik, dan kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Dalam menunaikan ibadah haji diperlukan berbagai persiapan sebelum pelaksanaannya, baik persiapan fisik maupun non fisik, salah satunya dengan kegiatan bimbingan manasik haji yang telah diikuti beberapa waktu yang lalu, sehingga dapat berguna dan bermanfaat dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Penjabat Bupati HSS H Dahnial Kifli.

Dipesankan dia, agar JCH  senantiasa menjaga kesehatan baik sebelum, saat berangkat maupun setelah tiba di tanah suci dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga kebugaran serta kesehatan secara teratur.
 

Pelepasan JCH PNS di lingkungan Pemkab HSS (Fathurrahman,/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Muhammad Ahyad dan Ideris petugas haji HSS

Ditunjang dengan kesehatan yang baik maka pelaksanaan ibadah di tanah suci akan terlaksana dengan baik, begitu juga peranan sebagai PNS yang melayani masyarakat patut kiranya ditampilkan saat di tanah suci dengan mengutamakan jemaah haji lain yang kiranya membutuhkan bantuan.

"Jangan sampai ada pembiaran terhadap jemaah haji yang memerlukan bantuan, berempatilah terhadap jemaah haji lainnya dan tetaplah mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan sikap toleransi sesama jemaah haji dan nantinya dapat ditularkan sampai kembali ke tanah air," katanya, di depan JCH bertempat di Pendopo Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018