Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Irhami Ridjani, mengharapkan para pengusaha, dan pengrajin serta pelaku ekonomi lainnya agar membudayakan tertib membayar pajak.

Jangan sampai hal ini terlewatkan begitu saja, karena Pajak Bumi dan Bangunan(PBB) memiliki posisi yang cukup penting sebagai salah satu sumber pembiayaan pembangunan, ujar Bupati Sabtu.

"Saya harap masyarakat Kotabaru semuanya sadar akan bayar PBB, itu sudah menjadi kewajiban setiap masyarakat," tambahnya.

Irhami juga menambahkan, pelaku ekonomi lainnya, diharapkan mampu membangun persaingan usaha yang sehat guna menciptakan lapangan kerja baru dan juga bisa ikut andil dalam meningkatkan perekonomian didaerah Kotabaru khususnya.

"Diharapkan kedepan akan mampu mengahdirkan hasil sumber daya manusia serta produk-produk ungggulan khususnya dari daerah Kotabaru," ujarnya.

Disamping itu juga pengembangan hasil ekonomi rakyat agar dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kotabaru, Drs H Gt Syamsul Bahri, mengatakan, potensi PBB dari 20 Kecamatan yang ada di Kotabaru sekitar Rp3,5 miliar.

Namun, Kabupaten Kotabaru baru siap untuk mengelola PBB tersebut pada 2014, karena harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebagai pendukung.

"Sebagai persiapan awal, tahun ini Kotabaru secara bertahap akan menyediakan peralatan, dan dalam pengadaan alat akan dilakukan secara lelang oleh instansi yang bersangkutan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga beberapa kali telah mengikuti pelatihan dan pembelajaran dari daerah lain yang telah terlebih dahulu melaksanakan, sebagi persiapan dan mendukung Sumber Daya Manusia yang handal dan profesinal.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Menengah dan Perdagangan Kotabaru Mahyudiansyah MAP, mengatakan, pada tahun ini ada peningkatan stand pameran, yang dulunya hanya 33 stand sekarang menjadi 37 stand yang dimeriahkan juga dengan penambahan dari para pedagang sebanyak 120 tempat.

Dengan adanya pameran seperti ini diharapkan akan menjadi wahana informasi kepada masyarakat langsung, dan merupakan agenda dalam menyemarakkan hari jadi Kotabaru yang ke 62, ujarnya.

"Setidaknya dengan moment ini, masyarakat akan terhibur dan juga bisa dijadikan sebagai sarana informasi, sehingga masyarakat mereka bisa mengtahui program dari dinas itu sendiri," paparnya.









Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012