Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli menghadiri kegiatan silaturrahmi sekaligus tanam penangkaran kacang tanah dan kedelai bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Padang Parangan, Desa Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS.

Kepala Dinas Pertanian HSS H Fathurrahman, di Baru, Rabu (1/8), mengatakan tahun ini pihaknya melaksanakan kegiatan penangkaran benih kacang tanah seluas 10 hektar dan kedelai 15 hektar, varietas yang ditanam untuk kacang tanah adalah varietas Tuban kemudian kedelai varietas Anjasmoro.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan benih, untuk musim hujan 2018 - 2019 bulan Oktober sehingga lahan yang bisa kita tanam pada saat ini untuk menyiapkan ada pada lahan tegalan yang saat ini biasa ditanam untuk holtikultura," katanya.
 

Silaturrahmi sekaligus tanam penangkaran kacang tanah dan kedelai (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial Kifli canangkan optimalisasi lahan lebak

Dijelaskan dia, lahan tegalan tersebut dimanfaatkan untuk tanaman kedelai maupun kacang tanah sehingga nantinya pada bulan oktober ini sudah dipanen untuk persediaan benih, kemudian pada bulan oktober nanti akan kembali ditanam di lokasi tersebut.

Dahnial mengatakan,  mengharapkan bahwa kacang tanah dan kedelai ini bisa sama dengan padi, karena padi sudah surplus, tapi masih kekurangan kedelai dan minimal bisa memenuhi kebutuhan di Kabupaten HSS.

Upaya memotivasi masyarakat untuk menanam selain padi tapi juga jagung dan kedelai juga terus dilakukan, nanti akan bekerjasama dengan pihak TNI untuk dapat membuka dan mengolah lahan yang tidur.

 

Silaturrahmi sekaligus tanam penangkaran kacang tanah dan kedelai (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)



Baca juga: HSS galakkan gerakan tanam padi di lahan lebak

“Melalui penanaman kacang kedelai dan kacang tanah pada hari ini, dalam rangka mendukung program Padi, Jagung, Kedelai (Pajale) di Kabupaten HSS, meningkatkan kesejahteraan petani  dan mudah-mudahan produksi meningkat pendapatan juga harus meningkat,” katanya.

Turut hadir, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Camat Sungai Raya, Susilo Adianto, para penyuluh, masyarakat Desa Baru dan mahasiswa KKN ULM, Fakultas Pertanian.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018