Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) H Dahnial Kifli mencanangkan optimasi lahan rawa lebak  bersama Kelompok Tani (Poktan) Darul Amin dan Sinar Mulia, Desa Teluk Labak, Kecamatan Daha Utara.

Kepala Dinas Pertanian HSS Fathurrahman, di Teluk Labak, Rabu (11/7), mengatakan untuk menunjang kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mulai menurunkan alat berat berupa excapator bantuan dari Kementerian Pertanian RI.

"Pengembangan optimalisasi lahan rawa lebak di kedua kelompok tani ini seluas 100 hektar, dengan total yang akan dioptimalkan nantinya seluas 625 hektar yang tersebar di Kecamatan Daha Utara, Daha Barat dan Daha Selatan," katanya.
 

Penjabat Bupati H Dahnial Kifli (Fathurrahman/Dinas Komifno HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pembuatan tanggul irigasi pertanian wilayah Negara tunggu SID

Dijelaskan dia, optimalisasi ini nantinya meliputi pembuatan tanggul, pembuatan saluran tersier dan sekunder, pembuatan pintu air sehingga sawah bisa terlindung dan mampu menahan ketinggian air juga bisa meningkatkan hasil pertanian melalui tanam dua kali dalam satu tahun.

Dahnial Kifli mengatakan pembuatan tanggul ini juga dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan lahan-lahan tidur yang ada di HSS, dan diharapkan nantinya HSS bisa mencapai program swasembada pangan di daerah.

"Saya berharap karena tempat pembuatan tanggul ini dekat dengan Pondok Pesantren (Ponpes) nantinya para santri agar dilatih untuk bertani, sehingga memiliki pengetahuan dalam bidang pertanian," katanya saat memberikan sambutan.
 

Pencanangan Optimalisasi Lahan Lebak (Fathurrahman/Dinas Komifno HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Distan HSS Sukses Kendalikan Hama Tikus

Pembangunan tanggul yang akan di lahan seluas 100 hektar tersebut dengan lebar bawahnya 6 meter  dan atas 3 meter  dengan ketinggian 3 meter.

Dahnial terjun langsung bergerak ke lokasi lahan yang akan digarap guna meninjau salah satu excavator yang sudah akan dioperasikan, untuk pembuatan tanggul, saluran tersier, saluran sekunder serta pintu air pada tanggul.

Turut hadir Camat Daha Utara Lothvie Rahmani, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji S, serta perwakilan Dinas Pertanian Provinsi. Kalimantan Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018